wanita hamil

Sehatkah Kehamilan Tanpa Rasa Mual Saat Hamil Muda?

Mual dan muntah menjadi salah satu pertanda kehamilan. Bahkan ketika Anda melihat seorang wanita yang sudah menikah merasa mual hingga muntah, Anda mungkin akan langsung menebak bahwa wanita tersebut hamil. Hal tersebut wajar karena memang sebagian besar ibu hamil mengalaminya. Bahkan ada yang sampai harus mencari cara mengatasi mual saat hamil muda, seperti mengirup aromaterapi misalnya, karena mual dirasa berlebihan.

wanita hamil
Source: africanrubiz

Namun di antara banyaknya ibu hamil yang mengeluhkan rasa mual, ternyata ada juga ibu hamil yang justru tidak merasa mual sama sekali. Mungkin Anda yang sedang dilanda rasa mual akan berpikir bahwa ibu hamil tersebut beruntung kaarena tidak merasakannya. Jadi aktivitas tidak terganggu. Akan tetapi bagi ibu hamil tersebut, hal tersebut justru malah terasa mengkhawatirkan. Mengapa demikian? Sebab banyak yang takut jika tidak adanya rasa mual ini menandakan bahwa kandungan tidak sehat.

Sebenarnya rasa mual saat hamil tidak bisa dijadikan indikator kehamilan yang sehat. Sebab pada kenyataannya memang tidak semua ibu hamil merasakan mual dan tidak ada masalah kesehatan apapun pada kandungannya. Biasanya hal ini disebabkan perbedaan tingkat sensitivitas masing-masing orang dan Anda termasuk kategori orang yang tidak terlalu sensitif. Jadi Anda yang tidak merasakan mual saat hamil tidak perlu khawatir. Justru Anda beruntung karena Anda jadi bebas mengonsumsi makanan apapun untuk memenuhi kebutuhan gizi selama masa kehamilan.

Hal yang perlu Anda waspadai justru ketika rasa mual yang dirasakan berlebihan atau yang sering disebut hiperemesis gravidarum. Sebab hal ini justru bisa menyebabkan Anda mengalami masalah dalam memenuhi kebutuhan gizi. Selain itu kondisi ini dapat mengganggu aktivitas harian Anda dan yang jelas sangat berbahaya bagi janin dan kesehatan Anda. Jika Anda mengalaminya, segera lakukan konsultasi pada dokter kandungan Anda karena untuk mengatasinya Anda membutuhkan bantuan obat yang hanya boleh dikonsumsi sesuai resep dokter.

Namun selain dari konsumsi obat Anda juga bisa mengurangi rasa mual dengan cara:

  • Menghindari lokasi dengan bau menyengat
  • Menghindari lokasi dengan cahaya terlalu silau
  • Banyak istirahat
  • Konsumsi makanan bernutrisi

Meskipun mual bukan sebuah indikator sehat atau tidaknya kandungan, jika Anda merasa ragu dengan kondisi kandungan akan lebih baik jika segera mengonsultasikannya pada dokter yang menangani kandungan Anda. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *