Saringan Udara pada Alat Berat

Mungkin kita sering mendengar komponen saringan udara atau air cleaner pada berbagai jenis mesin kendaraan bermotor. Komponen ini memiliki fungsi utama sebagai penyaring yang akan menjaga agar seluruh udara yang masuk ke dalam mesin sudah bersih dari berbagai partikel atau kotoran.Selain pada kendaraan bermotor, saring udara ini juga terdapat pada mesin berukuran besar seperti alat berat dan merupakan salah satu suku cadang alat berat yang sangat penting untuk diperhatikan. Saringan udara  double inner outer adalah jenis yang paling sering digunakan pada alat berat atau hauling.spare part alat berat

Tidak berbeda jauh dengan fungsinya pada kendaraan bermotor, saringan udara pada alat berat ini juga berfungsi sebagai penyaring kotoran agar udara yang masuk ke dalam mesin tetap terjaga kebersihannya. Komponen ini sangatlah penting, apalagi mengingat lokasi kerja alat ini yang biasanya berada pada daerah kotor atau berdebu.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai saringan udara pada alat berat ini, yaitu:

  • Kualitas

Saringan udara yang beredar tersedia memiliki beragam jenis harga yang tentunya akan berpengaruh pada kualitasnya. Memilih saringan dengan harga yang paling murah tanpa mempertimbangkan kualitas akan sangat beresiko merusak mesin lebih cepat. Beberapa saringan dengan harga dan kualitas rendah memiliki rongga penyaring berukuran cukup besar, sehingga beberapa partikel yang seharusnya ikut tersaring justru bisa lolos begitu saja. Hal ini tentunya membuat saringan udara tidak dapat bekerja dengan maksimal. Selain itu, kualitas bahan penyaring yang kurang baik akan membuatnya mudah rusak sehingga membuat kita harus seringkali mengganti saringan dengan yang baru.

  • Kebersihan

Menjaga kebersihan saringan dengan cara membersihkannya secara teratur akan membuat kerja saringan menjadi maksimal. Jika kebersihan ini tidak dijaga, maka kotoran akan menumpuk dan membuat udara menjadi sulit untuk masuk. Jika udara murni yang masuk ke dalam mesin terlalu sedikit pada mesin bekerja (tidak sebanding dengan bahan bakar), akan membuat proses pembakaran tidak bekerja sempurna. Gas buang dari proses ini akan menjadi hitam, dan jika dibiarkan dalam jangka panjang akan membuat mesin mati mendadak.

  • Penggantian

Meskipun kita menggunakan saringan udara berkualitas bagus dan membersihkannya dengan rajin, namun bukan berarti komponen ini dapat kita gunakan selamanya. Ada saatnya kita harus mengganti komponen ini dengan yang baru, apalagi jika sistem penyaringan ini dirasa sudah tidak maksimal.

Menjaga komponen saringan udara untuk terus berfungsi maksimal sangatlah penting, karena saringan yang tidak terjaga dapat memperpendek usia kerja mesin. (Vita)

Leave a Reply