Rider Pada Asuransi dan Manfaatnya

Bagi beberapa orang yang sudah menggunkan produk asuransi jiwa di Indonesia, pasti sudah tidak merasa asing dengan istilah rider. Atau bahkan, saat ini sudah melengkapi produk asuransi yang digunakannya dengan rider. Akan tetapi, bagi sebagian orang, istilah ini masih tergolong asing dan walaupun mungkin mereka sering mendengarnya, mereka belum benar-enar paham tentang produk ini.

Asuransi jiwa
Source: investigatormarketing

Sebenarnya, belum ada arti resmi dari istilah rider ini jika kamu mencarinya di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Akan tetapi, dalam dunia asuransi sendiri, istilah ini digunakan untuk menyebutka produk asuransi yang melekat pada produk asuransi lain (biasanya melekat pada asuransi jiwa). Rider ini bisa dikatakan sebagai asuransi tambahan atau asuransi pelengkap, yang akan memberikan perlindungan maksimal untuk pihak tertanggung atau pemegang polis.

Lalu, apakah sebenarnya manfaat dari asuransi ini? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaatnya adalah untuk memberikan perlindungan lengkap kepada pemegang polis. Mengenai perlindungan atau jenis rider sendiri berjumlah cukup banyak dan bisa berbeda pada setiap perusahaan asuransi. Kamu bisa memilihsatu atau lebih rider sesuai dengan yang kamu inginkan. Hanya saja, biasanya ada satu jenis rider yang akan langsung melekat dan secara otomatis kamu gunakan saat mendaftar asuransi jiwa, yaitu Automatic Premium Loan (APL). Asuransi ini menjamin bahwa premi asuransi jiwa akan tetap terbayar meskipun sang pemegang polis mengalami cacat atau menderita penyakit kritis, yang membuatnya tidak lagi bisa memenuhi kewajibannya untuk membayar premi.

Nah, kalau kamu berpikir untuk menggunakan semua rider demi mendapatkan perlindungan lengkap, coba deh untuk berpikir ulang. Sebab, meskipun rider melekat pada produk asuransi jiwa, namun keduanya memiliki polis yang berbeda, sehingga premi yang harus dibayarkan juga berbeda. Artinya, semakin banyak rider yang kamu pilih, maka bersiaplah untuk membayar premi dengan jumlah yang semakin besar juga. Belum lagi biaya premi untuk asuransi jiwa standar yang harus kamu bayarkan setiap bulan. Sebab itulah, sebelum kamu memutuskan untuk memilih rider, cobalah pikirkan terlebih dahulu efektivitas manfaatnya. Sebab, asuransi yang bisa bermanfaat untuk oranglain belum tentu bermanfaat maksimal juga untukmu. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *