Promo Kartu Kredit, Untung atau Rugi?

Hampir semua orang suka dengan yang namanya promo, baik promo hari besar seperti promo imlek di blanja, ataupun promo dengan syarat tertentu. Misalnya, seperti diskon sekian persen jika berbelanja dengan jumlah nominal tertentu, atau jika pembayaran dilakukan dengan cara tertentu. Apapun caranya, asalkan promo ini dianggap menguntungkan, pasti akan langsung diminati banyak orang.Promo Kartu Kredit

Salah satu promo yang sering dimanfaatkan oleh seseorang yaitu, promo kartu kredit. Maksudnya, pembeli akan mendapatkan diskon atau harga khusus jika pembayaran barang yang dibeli tersebut menggunakan kartu kredit suatu bank yang telah bekerjasama dengan toko. Nah, bagi para pemegang kartu kredit tersebut, promo ini dianggap sebagai sebuah rejeki yang harus dimanfaatkan dengan baik. Yah, kapan lagi kan bisa belanja dengan harga murah, dibayar kredit lagi.

Akan tetapi, apa iya benar-benar menguntungkan?

Pada dasarnya, berbelanja dengan memanfaatkan promo kartu kredit tidak berbeda jauh dengan promo lainnya, yaitu bisa menjadi untung namun bisa juga merugikan jika tidak mampu mengendalikan diri. Namun, promo kartu kredit ini bisa benar-benar memberi kerugian dibandingkan dengan promo lainnya. Sebab, kartu kredit ini memiliki limit yang tidak sedikit. Terkadang seseorang memanfaatkan promo ini sampai batas akhir limit. Memang sih, pembayaran bisa dilakukan dengan cara mencicil, sehingga terasa tidak terlalu memberatkan. Namun, semakin tinggi nominal penggunaan kartu kreditmu, artinya kamu juga bisa terkena bunga yang tidak sedikit.

Selain itu, waspada juga dengan aturan bunga kartu kredit ini. Jika kamu berbelanja promo dengan pembayaran langsung (debit atau cash), maka nominal yang kamu bayarkan akan sesuai dengan nilai yang tercantum pada tagihan. Sementara, jika kamu membeli dengan kartu kredit, artinya akan ada bunga pinjaman yang harus kamu bayarkan. Nah, apa kamu yakin promo yang ditawarkan tersebut memang benar memberikan keuntungan? Jangan-jangan, jika dihitung secara keseluruhan bersama bunganya, justru harganya menjadi jauh lebih mahal daripada kalau kamu membeli dengan membayar langsung. Jika begitu, promo ini bisa menjadi suatu hal yang merugikanmu kan?

Memang, promo adalah hal yang sangat menggiurkan. Namun, selain lebih bijak dalam memanfaatkan momen ini, kamu juga harus melakukan penghitungan secara detail saat ada promo kartu kredit. (Vita)

Leave a Reply