Polis Asuransi Hilang? Jangan Panik

Asuransi merupakan produk keuangan yang sangat diminati oleh masyarakat saat ini. Apalagi bagi pemilik mobil. Sepertinya tidak ada mobil yang tidak dilindungi oleh asuransi mobil yang bagus, kecuali jika memang kondisi mobilnya yang memang membuatnya tidak bisa menggunakan asuransi (umumnya faktor usia). Risiko yang bisa terjadi sewaktu-waktu menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat merasa membutuhkan asuransi.

Polis Asuransi
Source: peakhealthclub

Namun terkadang, karena risiko tersebut tidak datang hingga sekian lama, seseorang jadi agak mengabaikan asuransinya. Bukan dengan tidak membayar, karena saat ini banyak yang menggunakan sistem pembayaran autodebit. Namun, dengan agak mengabaikan tempat penyimpanan polis asuransinya. Akibatnya, polis tersebut hilang entah kemana, dan pemegang polis merasa kebingungan ketika suatu saat ingin melakukan klaim asuransi kendaraan.

Nah, jika saat ini kamu sedang mengalaminya, jangan panik dulu. Sebab, kamu bisa ngurus polis yang hilang ini dengan beberapa cara berikut:

  • Hubungi agen asuransi

Jika kamu bisa menghubungi agen asuransi yang menangani polis asuransimu, kamu bisa menghubunginya untuk meminta bantuan. Nantinya, agen asuransi tersebutlah yang akan membantumu untuk mengurus masalah kehilangan ini.

  • Buat surat kehilangan

Jika kamu tidak bisa menghubungi agen asuransi, kamu bisa mencoba mengurusnya sendiri. Datanglah ke kantor polisi, dan buatlah sebuah surat kehilangan. Caranya tidak sulit kok, kamu hanya perlu datang dan memberikan keterangan dimana kira-kira kamu kehilangan polis tersebut. Dan, jangan lupa juga untuk memberikan informasi jelas tentang nomor polis, jenis produk, nama pemegang polis, serta nama yang tertanggung. Setelah memiliki surat keterangan ini, kamu bisa mengurus sisanya ke perusahaan untuk diterbitkan sebuah buku polis baru atau pengganti polis yang telah hilang, dengan nomor polis yang tetap sama.

  • Hubungi perusahaan asuransi

Jika kamu tidak bisa menghubungi agen asuransi (karena sudah resign), sementara kamu juga lupa dengan nomor polismu sehingga tidak bisa membuat surat kehilangan, kamu bisa meminta bantuan langsung pada perusahaan asuransi. Hubungi customer service perusahaan asuransi dan sebutkan data lengkap mengenai polis asuransimu. Nanti CS tersebut yang akan mencarikan nomor polismu dalam databasenya. Catatlah berbagai informasi penting yang kamu butuhkan.

Mudah, kan mengatasi masalah polis yang hilang? Jadi, jangan panik yah ketika mengalaminya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *