Pola Hidup Sehat Menjamin Tubuh Sehat?

Tidak bisa dipungkiri, gaya hidup masyarakat saat ini yang cenderung kurang memperhatikan kesehatan membuat munculnya beragam jenis penyakit. Dari mulai penyakit yang mungkin sudah lama dikenal, hingga penyakit jenis baru atau penyakit lama yang termasuk ke dalam kategori langka. Untuk mengantisipasi masalah kesehatan yang mungkin tiba-tiba menyerang seseorang, banyak yang mulai melirik produk asuransi kesehatan. Harapannya, setidaknya mereka sudah memiliki cadangan dana yang dapat digunakan ketika mereka terserang suatu penyakit, dan sedang tidak memiliki dana.

Pola Hidup Sehat Menjamin Tubuh Sehat

Namun ternyata, masih ada juga loh beberapa orang yang tetap menjaga pola hidup sehat, meskipun sudah mempersiapkan diri dengan asuransi kesehatan. Biasanya, mereka berprinsip bahwa lebih baik jika dana pada asuransi tersebut tidak digunakan sama sekali, daripada mereka harus menderita sebuah penyakit. Sebab itulah, mereka tetap berpegang teguh pada prinsipnya untuk menjaga pola hidup yang sehat.

Lalu, apakah dengan menjaga pola hidup sehat artinya kita bisa dipastikan tidak akan menderita suatu penyakit? Jawabanya, tidak 100% menjamin. Mengapa demikian? Karena, ada banyak hal lain yang mempengaruhi seseorang terserang sebuah penyakit, baik itu penyakit dalam skala ringan maupun kritis, diantaranya yaitu:

  • Keturunan

Ada beberapa jenis penyakit yang dapat diturunkan dari orangtua pada anaknya. Untuk jenis penyakit seperti ini, agak sulit menghindarinya. Biasanya, ketika dokter menyadari adanya kemungkinan seorang anak yang baru lahir menderita suatu penyakit turunan, maka anak ini akan menjalani berbagai pemeriksaan yang diperlukan. Selain itu, untuk beberapa jenis penyakit, mungkin saja sang anak akan berada dalam pengawasan hingga beberapa waktu tertentu, untuk memastikan bahwa sang anak terbebas dari penyakit turunan tersebut. Setidaknya, jika terdeteksi sejak awal maka penanggulangannya akan lebih mudah (kondisinya tergantung jenis penyakit).

  • Daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh seseorang tidak selamanya dalam kondisi baik. Ada saatnya daya tahan tubuh ini melemah, dan saat inilah seseorang berpotensi tinggi terserang suatu penyakit. Daya tahan tubuh yang lemah ini, paling sering disebabkan karena tubuh yang kelelahan akibat aktivitas sehari-hari.

  • Tertular

Ada beberapa jenis penyakit yang mungkin saja akan ditularkan pada kita, meskipun kita sedang dalam kondisi fit. Misalnya saja, seperti HIV AIDS yang dapat tertular melalui darah. Artinya, jika kita sedang terluka dan tanpa sengaja luka kita terkena darah penderita HIV maka kita akan berpotensi tertular virus tersebut.

Meskipun pola hidup sehat tidak 100% menjamin kita sehat, namun bukan berarti tidak bermanfaat sama sekali ya. Sebab, pola hidup sehat ini dapat menurunkan potensi berkembangnya penyakit yang mungkin akan kita derita. (Vita)

Leave a Reply