Pohon Pinus yang Membantu Konstruksi

Komatsu adalah salah satu produsen alat berat yang seringkali kita lihat keluar-masuk proyek bangunan setiap harinya. Spare part alat berat Komatsu juga seringkali ditemui di pasaran-pasaran alat berat dan suku cadangnya. Tapi, apa atau siapakah Komatsu itu?

Pohon Pinus yang Membantu KonstruksiKomatsu adalah perusahaan multinasional yang membuat alat-alat berat untuk konstruksi, pertambangan, dan militer, juga peralatan industri seperti mesin press, laser, dan generator termoelektrik. Nama Komatsu sendiri dalam bahasa Jepang berarti ‘pohon pinus kecil’ dan diambil dari tempat perusahaan ini didirikan, yaitu kota Komatsu, prefektur Ishikawa, pada tahun 1917.

Komatsu pertama kali dikenal sebagai Komatsu Iron Works, yang didirikan untuk membuat peralatan industri bagi bapak perusahaannya, Takeuchi Mining Industry. Karena perusahaan yang semakin membesar, Komatsu kemudian menjadi Komatsu Ltd. pada tahun 1921, dan memproduksi prototip traktor pertanian pertamanya pada tahun 1931. Selama tahun 1930-an, Komatsu membantu angkatan bersenjata Jepang dengan membuat traktor militer, bulldozer, tank, dan howitzer. Setelah Perang Dunia II, Komatsu mulai memproduksi bulldozer dan forklift. Perkembangan Komatsu sangan dibantu oleh butuhnya alat-alat berat dalam usaha rekonstruksi setelah perang sekitar tahun 1950-an. Memasuki tahun 60-an, Komatsu mulai mengekspor produk-produknya, mematahkan stereotip produk Jepang yang dianggap murahan dan berkualitas rendah. Pada tahun 1967 juga Komatsu mulai memasuki pasaran Amerika Serikat, melawan Caterpillar di negara asalnya sendiri. Pada tahun 1988, Komatsu dan Dresser Industries, produsen alat berat asal Amerika Serikat, mendirikan Komatsu Dresser, sebuah perusahaan yang membuat traktor dan perlengkapan pertambangan lain dengan kepemilikan 50-50. Kerjasama ini bertahan hingga tahun 1994, ketika Komatsu membeli saham milik Dresser.

Sekarang, Komatsu Group sudah terdiri dari Komatsu Ltd. dan 182 perusahaan lainnya dan Komatsu adalah produsen alat konstruksi terbesar kedua setelah Caterpillar. Komatsu juga memiliki pabrik di Jepang, Asia, Amerika, dan Eropa.

Dari segi produk, Komatsu membuat banyak sekali alat berat mulai dari bulldozer, excavator, traktor, truk, bahkan alat-alat militer seperti recoilless gun, Armored Personnel Carrier, dan LAV untuk pasukan pembela negara Jepang. (Dana)

Leave a Reply