Pilihan Investasi Dengan Modal Minim

Cukup banyak masyarakat yang tidak mau berinvestasi reksa dana ataupun investasi di bidang lainnya, karena berpikir bahwa investasi membutuhkan modal yang besar. Padahal, yang namanya investasi itu kan pasti berisiko. Jadi jika uang dalam jumlah besar ini digunakan untuk investasi dan ternyata mengalami kerugian, tentunya akan sangat sayang, bukan? Itulah alasannya mereka menolak untuk melakukan investasi.

investasi modal minim
Source: istockphoto

Namun, benarkah demikian? Ternyata pemikiran tersebut salah, loh, karena ada beberapa jenis investasi yang sebenarnya tidak membutuhkan modal terlalu besar, seperti beberapa investasi berikut ini:

  • Reksa dana

Sebenarnya, reksa dana bisa dikatakan mirip dengan investasi saham. Hanya saja dalam investasi reksa dana uang yang diinvestasikan akan dikelola oleh manajemen investasi. Berbeda dengan saham yang Anda atur sendiri lokasi penempatan uang investasinya. Manajemen investasi ini biasanya akan menempatkan dana investasi pada beberapa bidang investasi. Nah, untuk besaran modal pada investasi reksa dana ini bisa beragam, dengan minimal modal seratus ribu rupiah. Namun demikian, untuk Anda para pemula sebaiknya simak dulu tips ini sebelum investasi reksa dana.

  • Emas

Emas merupakan salah satu lahan investasi yang hingga saat ini masih sangat diminati oleh masyarakat. Alasannya, karena tingkat risikonya yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan investasi lainnya. Sebab, emas memiliki harga yang cenderung terus naik dan sangat jarang sekali harganya mengalami penurunan. Hanya saja, bagi Anda yang berminat untuk berinvestasi emas, jangan sampai salah ya. Emas yang dimaksud di sini adalah emas batangan, bukan emas perhiasan. Jika Anda tertarik untuk membeli emasa batangan, Anda juga harus sangat berhati-hati. Belilah emas batangan ini di tempat yang telah terpercaya untuk menghindari investasi bohongan. Agar tidak memberatkan keuangan, Anda bisa membelinya secara bertahap sesuai dengan kemampuan.

  • Deposito

Investasi ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan menabung di bank, karena investasi ini adalah salah satu produk keuangan yang dimiliki oleh bank. Namun perbedaannya adalah, deposito tidak bisa Anda ambil sesuka hati sebelum jangka waktu deposito habis. Namun, untuk deposito ini setiap bank memiliki kebijakannya sendiri, mengenai jangka waktu maupun nilai tabungan per bulan yang harus dimasukkan ke dalam deposito tersebut.

Investasi bukanlah sesuatu yang bisa Anda nikmati dalam jangka waktu dekat. Namun investasi ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Jika Anda masih ragu dengan investasi, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba berinvestasi dengan modal minim seperti beberapa jenis investasi yang telah disebutkan. (Vita)

1 thought on “Pilihan Investasi Dengan Modal Minim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *