Pertimbangkan Ini Saat Membeli Mobil Dari Luar Negeri

Berita pengajuan kredit kendaraan bermotor kita diterima oleh pihak leasing, pasti menjadi hal yang membahagiakan. Namun, bagi seseorang yang memiliki penghasilan berlebih dan mampu untuk Pertimbangkan Ini Saat Membeli Mobil Dari Luar Negerimembeli mobil secara tunai, pastinya tidak akan membutuhkan berita bahagia seperti ini. Jelas saja, membelinya kan secara tunai jadi mana mungkin mendapatkan kabar seperti ini.

Bagi seseorang dalam kondisi ini, pastinya membutuhkan berita yang lebih besar lagi untuk membuatnya bahagia. Misalnya saja, seperti berhasil mendapatkan mobil impian yang diproduksi secara terbatas saja di seluruh dunia. Sayangnya, mobil seperti ini sangat jarang sekali ditemukan ada di Indonesia, dan hanya dipasarkan di luar negeri. Akan tetapi, karena mobil tersebut sudah menjadi incaran, apapun jalannya tetap saja ditempuh untuk mendapatkannya. Padahal, ada loh beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan saat membeli mobil dari luar negeri, antara lain:

  • Kondisi mobil

Pada umumnya, mobil diproduksi menyesuaikan dengan kondisi negara yang akan menggunakannya. Sebab itulah, terkadang meskipun brand dan tipenya sama, tetap akan ditemukan perbedaan ketika Anda mengendarai sebuah mobil yang diproduksidi dalam negeri, dan ketika Anda mengendarai mobil yang diproduksi di luar negeri. Penyesuaian ini akan bergantung pada kondisi jalan, cuaca, dan berbagai hal lainnya. Hal yang paling sederhananya saja, ada beberapa negara yang menggunakan mobil dengan stir sebelah kiri, dan ada juga yang di sebelah kanan, seperti Indonesia.

  • Biaya administrasi

Untuk mengimpor mobil tersebut ke dalam Indonesia, bukan hal yang mudah dan murah. Anda akan membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mengurus seluruh administrasinya, dan juga persiapan dana yang cukup besar. Banyak orang yang mengambil jalan pintas untuk mengurangi biaya yang harus dibayarkan, namun cara ini adalah cara yang ilegal dan pada akhirnya status mobil tersebut akan menjadi barang selundupan. Dalam jangka pendek hal ini mungkin tidak masalah, namun ketika suatu saat terdapat masalah yang menyangkut mobil Anda, tidak menutup kemungkinan status ilegal pada mobil Anda akan terungkap.

  • Pajak

Semakin tinggi nilai harta yang Anda miliki, secara otomatis akan meningkatkan nilai pajak yang wajib Anda bayar. Dan pajak ini akan bersifat tetap selama mobil tersebut masih menjadi milik Anda. Tidak peduli apakah saat itu Anda masih memiliki penghasilan berlebih atau tidak untuk membayarnya, pajak ini tetap saja akan menjadi tanggung jawab Anda yang harus dibayarkan.

Cobalah untuk mempertimbangkan ketiga poin tersebut sebelum melakukan transaksi, jika Anda sudah merasa yakin barulah Anda bisa melanjutkan transaksi. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *