Persyaratan Barang yang Bisa Digadaikan

Tidak ada yang tahu pasti tentang perubahan kondisi keuangan seseorang. Bisa saja, saat ini Anda memiliki cukup banyak uang namun tiba-tiba kekurangan uang karena suatu hal, misalnya kehilangan sumber penghasilan. Jika Anda memiliki tabungan yang cukup, mungkin untuk sementara waktu Anda masih bisa

gadai barang
Source: syariahBank

mengandalkan tabungan hingga Anda mendapatkan sumber penghasilan baru. Namun, jika Anda tidak memilikinya, maka menggunakan jasa gadai pada partner gadai terbaik seperti pinjam.co.id, menjadi salah satu jalan keluar untuk menyediakan dana yang Anda butuhkan saat itu.

Secara sederhananya, gadai adalah menyerahkan sesuatu kepada kreditur sebagai jaminan bahwa debitur akan mengembalikan dana yang dipinjamnya. Kreditur berhak untuk menjual atau melelang barang yang digadaikan ini, jika debitur tidak mampu membayar cicilan hingga batas waktu tertentu atau melunasi hutangnya (menebus barang yang digadaikan) hingga tanggal jatuh tempo.

Selain sebagai jaminan, barang gadai ini juga sangat menentukan jumlah pinjaman yang bisa diterima oleh debitur. Itulah sebabnya, tidak semua barang yang Anda miliki bisa digadaikan. Ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi untuk barang yang digadaikan ini, diantaranya yaitu:

  • Barang memiliki nilai

Barang apapun yang masih memiliki nilai, bisa Anda jaminkan ke lembaga penyedia jasa gadai ini. Semakin tinggi nilai barang yang yang Anda gadaikan, maka akan semakin tinggi pula jumlah pinjaman yang akan Anda terima. Namun, jangan terlalu berharap dulu nilainya akan persis sama dengan nilai barang tersebut. Sebab, biasanya jumlah pinjaman yang diberikan akan lebih kecil dari nilai yang sebenarnya. Hal ini dilakukan, agar ketika kreditur menjual atau melelang tidak mengalami kerugian akibat penurunan nilai barang jaminan.

  • Penurunan nilai terjadi bertahap

Dari penjelasan poin pertama, bisa terlihat jelas bahwa syarat kedua dari barang yang bisa digadaikan adalah barang yang mengalami penurunan harga secara bertahap. Artinya, penurunan barang tersebut tidak terjadi secara drastis. Ada beberapa contoh barang yang memenuhi kondisi ini, misalnya seperti smartphone dan televisi cembung.

Kedua poin di atas adalah persyaratan umum dari barang yang bisa digadaikan. Namun, beberapa penyedia jasa gadai mungkin akan memberikan persyaratan lainnya. Hal ini ditujukan untuk mencegah kerugian yang mungkin akan dialami. (Vita)

Leave a Reply