Perlukah Melakukan Spooring dan Balancing?

Spooring dan balancing merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan pada mobil Anda. Tidak peduli apakah mobil Anda adalah mobil kecil ataupun mobil berukuran besar seperti Truk Colt Diesel sekalipun, perawatan tersebut tetap harus dilakukan. Sebab, berkaitan langsung dengan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Selain itu, juga dapat membuat ban mobil lebih awet.

spooring balancing
Source: asapmobil

Jadi, apakah sebenarnya spooring dan balancing itu?

Spooring adalah setting yang dilakukan pada keempat ban mobil dengan tujuan meluruskan posisi ban depan dan ban belakang mobil, sehingga akan kembali lurus seperti bawaan pabrikan mobil (kembali ke setting awal). Spooring dilakukan dengan melakukan setting pada sudut-sudut geometri roda depan dan roda belakang (chamber, caster, toe) agar selaras. Sementara balancing ban bertujuan untuk menganalisa putaran roda dan getaran mobil akibat beban pada ban mobil. Balancing dilakukan dengan memberikan pemberat pada bagian velg ban. Meskipun keduanya berbeda, tetapi karena kedua setting ini seringkali dilakukan bersamaan, membuat banyak orang yang menganggapnya sama.

Baik spooring maupun balancing, biasanya dilakukan pada mobil yang sudah cukup lama digunakan. Sebab, pada umumnya mobil yang masih baru sudah dilakukan setting tersebut dari pabrik pembuatnya. Untuk waktu yang tepat melakukan setting ini yaitu sekitar 6 bulan sekali. Jika spooring dan balancing dilakukan secara rutin, maka akan ada beberapa manfaat yang Anda rasakan, antara lain:

  • Mobil tidak bergetar secara tidak normal
  • Mobil lebih mudah dikendalikan
  • Kemudi dapat segera kembali ke arah lurus setelah berbelok (khusus mobil dengan power steering)
  • Memperpanjang usia ban
  • Menghilangkan bunyi berdecit saat belok
  • Menghemat bahan bakar
  • Menjaga keawetan kaki kaki mobil

Meskipun disarankan untuk melakukan setting ini 6 bulan sekali, tetapi jika mobil Anda mulai menunjukkan beberapa gejala berikut, ada baiknya jika melakukannya lebih awal:

  1. Mobil terasa bergetar
  2. Mobil berjalan miring ke satu sisi sehingga sulit untuk dikendalikan
  3. Mobil berguncang saat berbelok di jalan yang bagus
  4. Mobil tidak nyaman saat dikendarai, khususnya pada bagian kemudi.

Ketika Anda merasakan beberapa gejala di atas saat berkendara, ada baiknya jika mobil segera dibawa ke tempat setting spooring dan balancing. Sebab, kondisi tersebut akan semakin parah jika dibiarkan terus. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *