Perbedaan Excavator dan Backhoe

Ketika berbicara mengenai alat berat yang digunakan untuk menggali, banyak yang akan langsung teringat pada ekskavator. Hal ini wajar saja, mengingat alat berat tersebut memang menjadi salah satu jenis yang paling umum digunakan di masyarakat untuk berbagai keperluan. Karena itulah, spare part alat berat komatsu untuk ekskavator merupakan salah satu yang paling banyak dibutuhkan.

Tapi, tahukah kalian bahwa alat berat yang berbentuk mirip ekskavator itu belum tentu ekskavator loh. Bisa saja, sebenarnya yang kita lihat adalah backhoe, namun karena ketidaktahuan kita tentang perbedaannya dan bentuknya yang agak mirip, kita menganggap semua sama. Nah, supaya kita tidak salah lagi menyamakan keduanya, berikut ini adalah perbedaan dari ekskavator dan backhoe:

  • Ekskavator

Alat ini memiliki sebuah komponen yang disebut cab atau bisa diPerbedaan Excavator dan BackhoekatakanĀ ruang kerja operator. Cab ini berada di atas roda dan dapat berputar hingga 360 derajat. Inilah yang membuat ekskavator dapat menggali ke berbagai sisi ekskavator tanpa harus repot-repot berpindah lokasi. Selain itu, ekskavator juga mampu bekerja dengan beberapa sistem penggalian. Beberapa jenis ekskavator pun memiliki ukuran yang cukup ramping sehingga lebih mudah untuk memindahkannya dari lokasi yang satu ke lokasi lainnya, ataupun bekerja pada lahan yang terbatas. Beberapa kelebihan inilah yang menjadikan alat berat ini disukai oleh penggunanya.

  • Backhoe

Sama seperti ekskavator, alat ini juga memiliki arms, boom dan bucket.Perbedaan Excavator dan Backhoe 1 Karena itulah, banyak yang salah mengira dan menganggap kedua alat ini sama. Perbedaan mendasar yang paling mudah terlihat yaitu, pada bagian belakang backhoe terdapat sebuah komponen bernama loader. Loader ini berfungsi untuk mendorong tanah (seperti fungsi buldozer) atau mengangkut tanah yang telah digali ke alat pengangkutan (seperti truk). Perbedaan lainnya yaitu, terdapat pada kemampuan alat. Jika ekskavator mampu berputar hingga 360 derajat, alat ini memiliki keterbatasan gerak. Karena, hanya bagian arm saja yang dapat bergerak ke kanan dan kiri, sementara ruang operator atau cab tidak dapat berputar.

Lalu, diantara kedua alat ini manakah yang lebih baik? Jawabanya sederhana, tergantung pada kebutuhannya. Karena kedua alat ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka akan lebih baik jika menyesuaikan alat yang dipilih dengan penggunaannya. Selain itu, kecepatan dan kemampuan kerja alat ini juga sangat bergantung pada kualitas alat dan kemampuan operator yang mengendalikannya. Karena itu, pilihlah alat yang berkualitas baik dan operator yang berpengalaman agar alat ini dapat berfungsi dengan maksimal. (Vita)

Leave a Reply