Peran Produser Dalam Produksi Film

Apa yang kalian pertanyakan ketika melihat sebuah judul film? Mungkin yang pertama adalah pemainnya, jalan ceritanya, production house yang memproduksi, dan siapa sutradaranya. Sangat jarang sekali ada yang menanyakan siapa produser film tersebut. Bahkan, dalam sebuah ajang penghargaan perfilman pun hampir tidak ada yang menyertakan kategori produser terbaik dalam daftar kategorinya. Padahal, peran proPeran Produser Dalam Produksi Filmduser ini sangat penting loh dalam sebuah film, baik film televisi maupun film layar lebar.

Memang, sepenting apa sih peran produser dalam produksi film? Sangat penting, sebab produser tidak hanya bekerja saat film diproduksi saja, tetapi juga saat sebelum dan sesudahnya.

  • Pra production

Pada masa pra atau sebelum sebuah film diproduksi, produser memiliki wewenang untuk memilih tim yang akan terlibat. Baik tim yang ada di balik layar ataupun tim yang akan berperan dalam film, atau bisa dibilang artis yang terlibat. Untuk masalah ini, sering kali produser akan bekerja sama dengan sutradara. Tidak berhenti disitu saja, produser juga bertanggungjawab untuk menyediakan dana yang akan dibutuhkan saat memproduksi dan setelah proses produksi selesai. Produser bisa saja menggunakan dananya pribadi (kalau mau), atau dengan mencari sponsor untuk bekerja sama.

  • Production

Memasuki masa produksi, produser kembali memegang peran penting. Produsen wajib untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan produksi berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. Baik dari segi waktu, maupun dari segi biaya. Ketika terjadi suatu hal yang diluar rencana hingga mengganggu proses produksi, maka produserlah yang bertugas mencari jalan keluarnya. Namun biasanya, dengan bantuan tim lain yang terlibat dalam produksi film.

  • Pasca production

Film sudah selesai dibuat, tinggal waktunya memasarkan. Saat itulah, produsen bertugas sebagai manajer pemasaran. Produser harus menemukan sistem pemasaran yang menarik agar film tersebut dapat laku dimasyarakat. Percuma kan membuat film bagus dengan biaya besar, kalau pada akhirnya tidak ada yang tertarik menontonnya?

Diantara semua tugas yang telah disebutkan, ada satu tugas penting lain dari produser yang sangat penting dan berpengaruh, yaitu menentukan cerita film. Yap, sebelum sebuah film diproduksi, produser berperan untuk menentukan jalan atau alur cerita dari sebuah film. Untuk film biografi atau yang diangkat dari sebuah novel, maka produser juga yang akan menentukan apakah kisah tersebut layak atau tidak diangkat ke dalam layar lebar.

Nah, penting sekali kan tugas produser? Jadi, mulai sekarang jangan hanya sutradara atau pemainnya saja yang diingat, tetapi juga produserya. (Vita)

Leave a Reply