Penyebab Temperature Mobil Tinggi

Bagi kamu yang baru saja membeli mobil Mitsubishi Mirage atau mobil apapun yang baru, mungkin tidak perlu khawatir dengan masalah temperatur yang panas. Sebab, biasanya mobil baru masih dalam kondisi fit dan aman dari berbagai masalah mesin yang mungkin terjadi, termasuk masalah temperature yang tidak normal. Temperature tidak normal ini umumnya adalah temperature yang berada pada suhu lebih tinggi dari kondisi normal.Penyebab Temperature Mobil Tinggi

Masalah temperature ini cukup berbahaya jika tidak segera diatasi, karena mesin yang overheat bisa beresiko menimbulkan kebakaran. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kendaraan kesayangan kita mengalami masalah ini, yaitu:

  • Fan yang tidak bekerja sempurna. Ketika mesin bekerja ada sebuah kipas yang ikut berputar. Kipas ini bertujgas penting untuk menjaga agar suhu mesin tetap stabil. Ketika kipas ini tidak berputar atau hanya berputar pelan (tidak normal) akibat adanya suatu masalah, maka secara otomatis mesin akan kehilangan sumber pendinginnya.
  • Ektra fan tidak bekerja sempurna. Tidak hanya fan biasa saja, di dalam mesin juga terdapat ekstra fan yang akan menyala ketika suhu mesin sudah mencapai batasan tertentu. Ketika mesin mencapai batasan ini, artinya mesin sudah mengalami overheat dan membutuhkan tenaga pendingin ekstra untuk menstabilkannya kembali. Ketika ekstra fan ini mati, maka proses pendinginan ini tidak akan dapat berlangsung.
  • Terjadi masalah pada sirkulasi air radiator. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan air tidak bersirkulasi dengan baik, misalnya saja seperti adanya pengeroposan di salah satu sambungan antar komponen, adanya kebocoran, adanya sumbatan, dan berbagai hal lain. Air radiator ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk proses penstabilan suhu mesin, artinya jika tidak bersirkulasi dengan baik, maka akan menyebabkan mesin menjadi panas.
  • Tutup air radiator tidak terpasang baik. Banyak orang yang melakukan pemeriksaan pada mesin sebelum melakukan perjalanan jauh. Sayangnya, beberapa orang justru melakukan kesalahan dan malah menyebabkan mesin mengalami overheat, salah satunya adalah karena tidak memasang tutup radiator dengan baik. Akibatnya, air radiator akan menguap dan pada akhirnya habis. Hal ini bisa juga disebabkan oleh tutup radiator yang memang sudah mengalami kerusakan, sehingga tidak terpasang dengan baik.

Meskipun biasanya masalah ini menyerang mobil yang sudah berumur cukup lama, bukan berarti kamu yang membeli mobil baru  bisa benar-benar tenang loh. Sebab, ternyata penggunaan yang salah dan kurangnya perawatan serta perhatian kita terhadap kondisi mobil, bisa membuat mobil kesayangan yang baru kita beli mengalami masalah ini. Jadi, rawat dan perhatikan selalu kondisi mobil kesayanganmu ya. (Vita)

Leave a Reply