Penyebab PABX Mengalami Kerusakan

PABX adalah sebuah alat yang umum digunakan di area perkantoran untuk mengatur line teleponnya. Banyak perusahaan yang menganggap alat ini sangat penting untuk kemajuan bisnisnya, sehingga tidak mau membeli PABX murah karena dianggap memiliki kualitas yang kurang bagus. Namun sebenarnya PABX yang berharga mahal tidak selalu lebih awet daripada yang lebih murah, loh. Sebab ada berbagai hal yang bisa menyebabkan PABX mengalami kerusakan, antara lain:

Telepon PABX
Source: aboveinfranet
  • Kualitas

Nah mungkin Anda berpikir bahwa harga mahal kualitasnya pasti lebih bagus daripada yang harganya murah. Padahal terkadang ada beberapa brand baru yang memproduksi PABX dengan kualitas baik, namun tidak bisa menjual produknya dengan harga mahal karena konsumen belum mengenal brand tersebut. Itulah sebabnya, sebaiknya Anda lebih memperhatikan tentang kualitasnya daripada harganya. Cobalah untuk mencari referensi melalui internet atau orang yang berpengalaman mengenai PABX yang berkualitas bagus. Kualitas PABX yang kurang baik akan berakibat dari mudah rusaknya alat ini.

  • Tegangan listrik

Sebagus apapun kualitas PABX yang Anda gunakan tetap berisiko tinggi mengalami kerusakan jika tegangan listrik tidak stabil. Bahkan bisa jadi alat PABX akan langsung mengalami kerusakan ketika dihubungkan ke arus listrik. Itulah sebabnya sebelum Anda menghubungkannya sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap tegangan listrik ini. Pastikan bahwa tegangan listrik yang mengalir cukup stabil. Selain itu, jika Anda benar-benar ingin aman Anda bisa menggunakan stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik ini. Namun pastikan bahwa output yang dihasilkan oleh stabilizer ini setara dengan yang dibutuhkan oleh PABX, agar PABX tetap dapat berfungsi normal.

  • Alam

Selain dari kedua faktor di atas, ada satu hal yang cukup sulit untuk dicegah yaitu petir. Yap, petir disertai dengan tegangan yang tidak normal yang masuk ke dalam PABX seringkali menyebabkan IC – IC pada unit PABX mengalami reset otomatis. Ketika hal ini terjadi yang harus Anda lakukan adalah melakukan reset program (jika Anda mengerti caranya) atau menghubungi teknisi untuk memperbaikinya. Untuk mengurangi resiko petir pada PABX, Anda bisa menggunakan arrester atau surge protector yang berfungsi sebagai pelindung.

Dengan penjelasan di atas, sudah jelas kan kalau harga tidak selalu menjadi penentu cepat rusak atau tidaknya suatu PABX. (Vita)

Leave a Reply