Penyebab Motor Sering Mati Mendadak

Lagi nyaman berkendara dengan motor kesayangan, tiba-tiba mati begitu saja. Hmm… Pasti terasa menyebalkan sekali yah. Apalagi ketika melihat sekeliling, dan tidak menemukan adanya bengkel di sekitar kita. Padahal sudah menggunakan oli terbaik untuk motor kesayangan, tapi kenapa yah masih saja mengalami masalah ini? Apakah kita salah memilih oli? Motor tua perlu menggunakan oli yang tepat. Jika udah tepat, berarti ada masalaPenyebab Motor Sering Mati Mendadakh lain yang menyebabkan mesin motor tiba-tiba mati.

Masalah motor yang mati mendadak saat sedang dikendarai, sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Menggunakan oli terbaik adalah salah satu pencegahannya, namun tidak akan membantu jika kamu tidak melakukan pencegahan pada penyebab lainnya. Nah, supaya kamu tidak mengalami hal ini, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan motor mati mendadak:

  • Pemakaian BBM yang salah

Pada buku manual pasti terdapat keterangan bahan bakar minyak dengan oktan berapa yang paling sesuai untuk motormu. Sebaiknya, perhatikan dan ikuti saran yang tercantum dalam buku tersebut. Penggunaan BBM dengan oktan yang lebih rendah dapat menyebabkan jumlah timbal yang lepas menyumbat klep, sehingga membuat motor mati mendadak. Selain itu, sebisa mungkin hindari penggunaan BBM yang berbeda setiap kali mengisi bensin. Maksudnya, kadang mengisi pertamax, kadang mengisi dengan premium. Hal ini juga dapat membuat mesin motor mati mendadak saat sedang digunakan.

  • Pengapian yang lemah

Pengapian pada motor ini berfungsi untuk membakar uap bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran, dan kemudian akan diubah menjadi daya gerak. Jika pengapian ini terlalu lemah, maka proses ini akan mengalami masalah atau bahkan mesin tidak mau menyala sama sekali. Proses pengapian yang lemah ini bisa disebabkan oleh beberapa komponen, seperti spool pengapian, busi, dan beberapa komponen lainnya.

  • Masalah pada busi

Busi yang basah, rusak, kualitasnya menurun dan tidak benar dalam pemasangannya dapat menjadi penyebab matinya mesin motor. Pada busi yang basah, kamu bisa mengatasinya dengan melepasnya dan kemudian mengeringkannya. Sementara, untuk busi yang kualitasnya tidak bagus atau rusak, maka hanya bisa diatasi dengan cara diganti. Biasanya, kerusakan ini disebabkan karena usianya yang sudah cukup tua.

  • Overheat

Periksa temperatur motor, jika terlalu panas maka hal ini bisa menyebabkan motor mati mendadak. Sebaiknya segera dinginkan motor dan jangan coba untuk menyalakannya. Setelah motor dingin, cobalah untuk mencari tahu penyebab terjadinya overheat pada mesin. Sebab, ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya.

  • Filter udara kotor

Apa kamu pernah mengganti atau membersihkan filter udara motor? Kalau belum pernah, coba saja cek kondisinya. Sebab, filter udara yang sudah kotor atau terlalu tua bisa menjadi penyebab masalah ini, lho.

Nah, jadi coba deh mulai perhatikan beberapa poin di atas. Jad, motormu tidak akan mati mendadak dan kegiatan berkendaramu akan terasa lebih menyenangkan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *