Musixmatch, Aplikasi Tepat Untuk Para Pecinta Karaoke

Aplikasi social media sudah diinstall di smartphone baru, game dan aplikasi chatting juga sudah. Apa lagi ya? Mumpung smartphone yang dibeli termasuk merk handphone terbaik dengan spesifikasi tinggi, sayang dong kalau nggak dimanfaatin. Nah, untuk kamu para pecinta karaoke, ada satu aplikasi lagi yang nggak boleh kamu lewatkan, yaitu musixmatch. Kenapa cocok untuk para pecinta karaoke? Sebab, ini adalah sebuah aplikasi khusus yang berfungsi untuk menampilkan lirik dari lagu yang sedang kamu mainkan dalam smartphone kesayanganmu.

Musixmatch

Aplikasi ini merupakan penyedia lirik terbanyak dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya. Musixmatch sendiri pertama kali didirikan pada tanggal 21 Januari 2010 di Italia, dan sekarang sudah memiliki kantor di beberapa negara. Saat ini, diperkirakan sudah atau sekitar 14 juta atau lebih lirik yang tersedia di dalamnya. Aplikasi ini dapat diinstall di smartphone berbasis iOS, Android, maupun Windows. Artinya, apapun merk smartphonemu saat ini, aplikasi ini tetap dapat diinstall.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat sederhana. Setelah kamu menginstalnya di smartphone, kamu hanya perlu memainkan lagu kesayanganmu, dan kemudian akan tampil pop up pada layar smartphonemu yang berisikan lirik dari lagu tersebut. Loh, kok bisa? Jangan heran, sebab sistem kerja aplikasi ini adalah menemukan lirik dalam database sesuai dengan judul lagu yang tercantum pada smartphone, dan kemudian menampilkannya pada smartphone. Jadi, kamu nggak perlu tuh nyari-nyari lagi atau ribet melakukan setting apapun saat ingin mengaktifkan aplikasi ini.

Inilah yang membedakannya dengan aplikasi untuk karaoke seperti Sing Karaoke by Smule. Sebab, aplikasi ini hanya menyediakan lirik sehingga tidak membutuhkan koneksi internet yang kuat. Sementara Sing Karaoke by Smule akan selalu membutuhkan koneksi internet karena bekerja seperti streaming, dan lagu yang tersedia dalam Sing Karaoke by Smule pun merupakan karaoke version. Jadi bisa dibilang, aplikasi Musixmatch ini untuk kamu latihan bernyanyi dan mengingat nadanya terlebih dahulu, dan jika sudah oke barulah karaoke yang sebenarnya menggunakan Sing Karaoke by Smule.

Lirik lagu yang ada di aplikasi Musixmatch ini juga selalu di update. Sebab, kamu juga bisa berkontribusi dalam menyediakan lirik lagu favoritmu jika memang belum ada dalam databasenya. Kamu hanya perlu membuat akun musixmatch dan kemudian login ke dalam akun tersebut. Namun, bagi kamu yang baru saja membuat akun, jangan terlalu banyak berharap lirikmu akan langsung muncul begitu saja. Sebab, bagi pengguna baru sebelum lirik dimunculkan dalam aplikasi ini akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu oleh para editor. Jika memang lirik yang kamu masukkan sesuai, maka lirik tersebut akan muncul. (Vita)

Leave a Reply