Modifikasi Dapat Membatalkan Asuransi Mobil?

Sudah susah payah menabung untuk membeli mobil, sayang dong kalau sampai mobil kenapa-kenapa. Untuk itulah mereka banyak yang menggunakan asuransi mobil untuk mengantisipasi hal ini. Modifikasi Dapat Membatalkan Asuransi MobilNah, setelah urusan keamanan dan berbagai administrasi mobil sudah beres, selanjutnya tinggal urusan tampilan mobil. Yah walaupun nggak semua orang suka memodifikai atau merubah tampilan mobil, akan tetapi sebagian besar orang biasanya tidak suka membiarkan mobilnya tampil apa adanya. Entah itu hanya hiasan lampu atau hiasan pada pintu tangki bensin, umumnya ada saja yang diubah. Akan tetapi, ternyata tidak sedikit orang yang tidak melakukan modifikasi karena takut akan menghilangkan asuransi atau garansi resmi dari pabrikan loh. Hmm.. memangnya benar yah modifikasi dapat menyebabkan hal seperti itu terjadi?

Sebenarnya, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah benar, namun tergantung pada seberapa jauh modifikasi yang kita lakukan. Artinya, tidak semua modifikasi ini dapat menghilangkan garansi mobil kok. Nah, untuk kamu yang berencana melakukan modifikasi tapi takut asuransi atau garansi mobil barumu dibatalkan, sebaiknya menghindari beberapa hal berikut ini:

  • Merusak cat asli

Mungkin kamu sudah memiliki keinginan, nanti kalau sudah punya mobil ingin memberikan hiasan atau gambar apa pada body mobilmu. Nah, jika saatnya kamu memiliki mobil sudah tiba, sebaiknya waspada saat ingin mewujudkan keinginanmu ini. Sebab, jika kamu melakukan sesuatu yang dapat merusak cat mobilmu secara permanen dengan sengaja, bisa menyebabkan batalnya asuransi atau garansi mobil. Misalnya dengan merubah secara permanen warna cat mobil. Jika kamu tetap ingin merubah tampilan atau warna body mobil, sebaiknya kamu menggunakan stiker khusus yang tidak akan merusak cat asli mobil. Selain itu, jangan coba untuk mengubah warna cat mobil dengan warna yang berbeda dengan BPKB mobil ya.

  • Modifikasi yang mengganggu kenyamanan

Kenyamanan saat mengendarai mobil sangatlah penting, karena akan sangat mempengaruhi keamanan berkendara. Ketika kamu merasa nyaman mengendarai mobil, kamu akan dapat berkonsentrasiĀ  dengan baik. Sementara, ketika ada suatu hal yang mengganggu kenyamananmu, konnsentrasimu akan terpecah. Sebab itulah, hindari melakukan modifikasi apapun yang dapat mengganggu kenyamanan berkendara. Misalnya, merubah jok mobil dengan bahan yang membuatmu merasa tidak nyaman duduk di atasnya, atau modifikasi lainnya.

  • Modifikasi yang mengganggu keamanan

Selain masalah kenyamanan, ada juga modifikasi yang dapat mengganggu keamanan berkendara. Intinya, setiap mobil sudah didesain agar aman dan nyaman dikendarai. Ketika ada suatu komponen yang diubah dengan ukuran diluar standar, pastilah akan langsung berdampak pada keamanan saat berkendara. Misalnya saja seperti mengganti lampu mobil sehingga mengganggu pencahayaan saat berkendara di lokasi gelap, dan jelas hal ini tidak akan memberi keamanan saat berkendara di malam hari. Atau, merubah ban mobil jauh diluar ukuran standar. (Vita)

Leave a Reply