Mobil Sebagai Investasi, Bisakah?

Selain rumah, mobil merupakan sebuah aset yang memiliki harga cukup tinggi. Bahkan, untuk beberapa jenis mobil memiliki harga yang setara atau lebih tinggi dari rumah. Itulah sebabnya, demi melindungi mobilnya dari berbagai risiko pemilik mobil tersebut akan menggunakan asuransi mobil all risk. Secara tidak langsung, asuransi mobil All Risk berfungsi sebagai tabungan saat berkendara.

Bugatti Veyron Jean Bugatti
Source: cheatsheet.com

Memang, harga mobil yang tinggi ini bisa menjadi aset yang berharga. Apalagi, mobil bisa dibilang bersifat lebih likuid daripada rumah. Maksudnya, akan lebih mudah diuangkan ketika kita membutuhkan uang cash untuk suatu keperluan. Lalu, bagaimana dengan investasi? Kalau mobil bersifat likuid, berarti bisa dong dijadikan investasi? Sebenarnya, untuk pertanyaan ini bisa memiliki dua jawaban, yaitu iya dan tidak. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah penjelasannya.

Tidak semua mobil bisa dijadikan sebagai investasi, itulah inti dari jawaban pertanyaan di atas. Mobil yang banyak beredar saat ini dipasaran, memang adalah aset likuid namun bukan sebagai investasi yang menguntungkan. Sebab, berbeda dengan rumah yang harganya akan semakin naik seiring berjalannya waktu, pada mobil justru terjadi penyusutan harga. Artinya, ketika Anda menjual kembali mobil maka harga pasti akan turun. Bahkan, meskipun usia mobil tersebut masih beberapa bulan sekalipun, tetap saja harganya akan mengalami penurunan.

Apalagi, untuk jenis mobil tertentu yang tidak terlalu diminati, maka penurunan harga ini bisa sangat jauh dari harga beli. Tidak hanya itu, nilai kerugian akan meningkat jika Anda membeli secara kredit. Sebab, Anda harus membayar bunga sementara harga mobil tidak mengalami kenaikan dan justru mengalami penyusutan. Sebab itulah, jika Anda berniat untuk menjadikan mobil sebagai tempat berinvestasi, cobalah untuk berpikir ulang.

Lalu, mobil seperti apa yang bisa dijadikan sebagai investasi? Jawabannya, adalah mobil yang tergolong limited edition. Misalnya, mobil sport yang hanya diproduksi dengan jumlah terbatas (biasanya tidak lebih dari 10 di seluruh dunia) oleh brand tertentu yang tentunya sudah memiliki nama besar. Selain itu, mobil antik yang memiliki sebuah sejarah tertentu sehingga menarik minat kolektor untuk memilikinya. Untuk beberapa jenis mobil ini, biasanya semakin sulit dicari maka nilai harganya akan semakin tinggi, meskipun usia mobil tersebut sudah tua. Namun tentunya, perawatan dan kondisi mobil juga akan menjadi perhatian sebelum seseorang memutuskan untuk membelinya. (Vita)

Leave a Reply