Mobil Klasik Dengan Mesin 2tak

Sebagian besar pemilik mobil hanya mengetahui bahwa mobil mereka menggunakan oli mesin yang harus diganti secara rutin secara berkala. Wajar saja karena pada mobil yang dikeluarkan beberapa tahun belakangan, tidak ada yang menggunakan mesin 2tak, sehingga tidak membutuhkan oli samping Idemitsu yang perlu diganti secara rutin.

mitsubishi minicab
Source: terapeak

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata di Indonesia pernah ada mobil bermesin 2tak. Memang sih tidak banyak yang memproduksi mobil seperti ini, apalagi saat pertama pemasarannya ada yang kurang mendapat respon baik.

Penasaran dengan mobil yng dimaksud? Langsung saja dibahas ya!

  • Mitsubishi Minicab

Mobiil ini dikeluarkan pada tahun 1977 hingga 1983. Namun yang banyak beredar di Indonesia yaitu mobil yang dikeluarkan pada tahun 1981-1983. Mobil ini berukuran mungil, itulah sebabnya dinamakan minicab. Mesinnya hanya berkapasitas 475 cc dan bermesin 2 silinder.

Ada dua tipe yang dikeluarkan oleh mitsubishi untuk mobil ini, yaitu mobil penumpang dan pickup. Daya angkutnya yang kuat dan mampu menampung cukup banyak barang meskipun ukurannya mini, membuat banyak yang tertarik untuk menggunakannya. Tidak hanya itu saja, mobil ini juga terkenal irit sehingga menjadi pilihan yang tepat jika digunakan sebagai mobil pendukung usaha. (Source: minilabdocx wordpress)

  • Suzuki Truntung

Selain Mitsubishi, produsen asal Jepang lainnya yang memproduksi mobil bermesin 2tak adalah Suzuki. Sama halnya dengan Mitsubishi, mobil keluaran Suzuki yang dinamakan Suzuki ST20 atau Suzuki Truntung ini juga dikeluarkan pada periode tahun 1977-1983. Terdapat 2 jenis Suzuki Truntung yang diproduksi, yaitu jenis minibus dan juga pickup. Mobil ini pada dasarnya ditujukan untuk keperluan usaha, sehingga tidak begitu mengutamakan kenyamanan. Mesinnya hanya berkapasitas 550 cc dan hanya menggunakan oli samping tanpa oli mesin. Mobil ini sempat menjadi mobil yang tidak disukai karena bunyi mesinnya yang sangat berisik.(Source: mobilku)

Meskipun sempat mendapat penolakan, namun saat ini kedua mobil ini menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh para kolektor mobil klasik dan mobil antik. Alasannya beragam, ada yang ingin mengenang masa lalu (mungkin dulu pernah menggunakannya) namun ada juga yang tertarik karena keunikan desain dan juga mesinnya. Apalagi jika pemilik sebellumnya sangat memperhatikan cara merawat cat mobil agar selalu mengkilap. Maka penampilan mobil akan semakin menarik. (Vita)

Leave a Reply