Menjadi Arkeolog dan Paleontolog Cilik Di Kidzania

Profesi sebagai arkeolog dan paleontolog bisa dibilang adalah profesi yang kurang diminati oleh masyarakat umum. Biasanya, masyarakat cenderung memilih profesi yang bisa menghasilkan uang dengan cepat atau pasti. Namun, jika anak Anda tertarik dengan profesi unik ini, tidak ada salahnya jika Anda mensupport keinginan anak dengan mengajaknya ke tempat bermain anak di Jakarta, yaitu Kidzania.arkeolog

Mengapa Kidzania? Sebab, tempat bermain anak tersebut memiliki banyak establishment yang berisikan berbagai profesi yang bisa dipraktikkan langsung oleh anak. Salah satunya yaitu profesi sebagai arkeolog dan panleontolog. Mungkin Anda sudah sering mendengar profesi arkeolog, tetapi bagaimana dengan paleontolog?

Banyak orang yang menganggap bahwa kedua profesi tersebut adalah sama. Atau ada yang menganggap bahwa semua orang yang mempelajari kehidupan di masa lalu di sebut sebagai arkeolog. Namun ternyata, hal tersebut salah. Arkeolog adalah seseorang yang mempelajari kebudayaan manusia di masa lampau. Sementara paleontolog adalah seseorang yang mempelajari bentuk-bentuk kehidupan yang ada di masa lampau berdasarkan pada fosil yang ditemukan.

Melalui establishment “Archaeological Site” yang ada di Kidzania, anak akan diberikan berbagai informasi penting mengenai profesi tersebut, seperti bagaimana cara kerjanya, risikonya, dan bagaimana menjaga kesehatan karena arkeolog seringkali akan berurusan dengan tanah. Pengenalan profesi ini tidak hanya diberikan secara teori saja, tetapi melalui praktek langsung. Kegiatan ini, akan memberikan manfaat berupa beberapa peningkatan keterampilan, yaitu:

  • Berpikir kritis: Anak akan terpacu untuk mempelajari lebih detail mengenai masa lampau atau sejarah. Hal ini akan membuat anak bisa lebih menghargai sejarah dan pentingnya menjaga peninggalan sejarah.
  • Kolaborasi: Anak akan belajar bekerjasama dengan anak lainnya untuk menemukan benda peninggalan bersejarah yang tersembunyi.
  • Pengetahuan diri: Anak akan belajar seperti apa kehidupan dimasa lampau. Selain itu, akan diberikan informasi juga mengenai bahayanya terinfeksi cacing. Sebab, profesi tersebut akan sering berinteraksi dengan tanah sehingga risiko terinfeksi cacing akan semakin tinggi.
  • Tanggung jawab: Anak akan belajar bagaimana bertanggungjawab untuk menjaga benda peninggalan masa lampau. Selain itu, anak juga akan diajarkan untuk bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri dengan menjaga kebersihan agar terhindar dari risiko terinfeksi cacing dan penyakit lainnya.
  • Motorik: Anak akan diajak untuk aktif menggunakan motoriknya karena akan sering menggali untuk mencari berbagai benda peninggalan bersejarah.
  • Membaca: Anak akan tertarik untuk membaca berbagai hal seputar artifak, fosil, dan juga mengenai cacing dan parasit.

Banyak, kan yang bisa didapatkan anak melalui establishment ini? Jadi, jangan lewatkan untuk bermain di establishment ini ya saat ke Kidzania! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *