Mengenal Cloud dari Mega

Mungkin banyak dari kalian yang masih belum terlalu kenal dengan istilah cloud server indonesia, padahal kita sudah sering menggunakan fasilitas ini. Misalnya saja seperti google drive atau sering disebut juga google docs. Produk cloud dari google ini, mulai sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya seperti share data, pengisian kuesioner, dan berbagai hal lainnya.Mengenal Cloud dari Mega

Selain google drive, ada satu cloud yang cukup sering digunakan beberapa waktu belakangan, yaitu MEGA. Sebenarnya, mega sudah sejak lama sering digunakan oleh user internet, namun dulu hanyalah berupa file sharing site dan bernama megaupload. Namun megaupload sempat ditutup karena dianggap melanggar peraturan mengenai hak cipta (copyright protection laws).

Mega cloud ini diluncurkan dengan nama mega limited, tepat satu tahun setelah Dotcom’s menutup megaupload. Pada saat itu, ada lebih dari 100.000 user yang melakukan registrasi dalam situs ini dalam 1 jam pertama. Selama satu hari, dilaporkan terdapat sekitar 1 juta user dengan rata-rata jumlah upload file sebanyak 60 setiap detiknya. Pada akhir hari ketiga setelah peluncuran, Dotcom menyatakan bahwa mereka sukses melakukan 500 upload setiap detiknya.

Pada awal peluncurannya mega limited masih mengalami masalah, terkait dengan jaringan yang lambat dan proses login bermasalah yang dialami oleh user baru. Masalah ini umumnya terjadi pada saat siang hari, atau saat jumlah pengguna aktifnya cukup banyak dalam waktu bersamaan. Padahal, untuk mengupload file dalam cloud ini user wajib untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Namun saat ini, masalah ini sudah terselesaikan.

Di Indonesia sendiri, mulai banyak user internet yang memanfaatkan mega limited untuk menyimpan berbagai file, dari mulai yang berukuran kecil hingga file yang cukup besar. Bahkan, jika kita sedang mencari file film untuk di download, kita akan sering menemukan file tersebut tersimpan dalam mega limited. Proses upload dan download yang cukup mudah membuat mega cloud menjadi pilihan menarik. Apalagi, dengan tersedianya aplikasi mega untuk berbagai smartphone membuat user internet semakin mudah untuk melakukan proses upload ataupun download dari cloud ini. Jadi, kita bisa memanfaatkan cloud ini untuk mengusir bosan saat macet, misalnya saja untuk mendownload berbagai film favorit kita. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *