visa schengen

Mengenal Apa Itu Visa Schengen?

Mungkin selama ini kamu mengira bahwa untuk bisa pergi ke suatu negara, artinya kamu harus membuat visa negara tersebut. Artinya, jika kamu ingin berkunjung ke 5 negara, kamu harus membuat visa dari 5 negara. Padahal ternyata, pemikiran tersebut tidak sepenuhnya benar loh. Sebab dengan menggunakan visa schengen, kamu bisa berwisata ke beberapa negara hanya dengan satu visa. Namun, untuk membuat visa ini terlebih dahulu kamu harus beli asuransi perjalanan terbaik untuk luar negeri terlebih dahulu.

visa schengen
Source: Europeanbackdoors

Wah, menarik sekali kan visa ini? Tapi, sebenarnya apa sih visa schengen itu? Kok bisa sehebat itu ya? Nah, supaya nggak penasaran, langsung saja kita bahas.

Visa schengen adalah visa khusus yang berlaku untuk 22 negara di Uni Eropa dan 3 negara Non Uni Eropa. Daftar negara yang dimaksud adalah: Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Dengan menggunakan visa ini, Anda cukup membuat satu buah visa untuk mengunjungi semua negara yang disebutkan di atas. Anda bisa tinggal di negara-negara tersebut maksimal 90 hari dengan batas waktu visa adalah 6 bulan.

Jika dilihat dari manfaatnya, visa ini memang memiliki manfaat yang luar biasa. Namun begitu, pembuatan visa ini juga tidaklah mudah. Pembuatan visa ini bisa dilakukan di kedutaan dari negara yang akan menjadi tempat singgah terlama Anda, misalnya saja Belanda atau Perancis. Untuk dokumen yang dibutuhkan di antaranya:

  • Kartu keluarga
  • Passport
  • Surat nikah (jika sudah menikah)
  • Akte lahir
  • Pasfoto 3,5×4,5 dua lembar
  • Buku tabungan (riwayat transaksi 3 bulan)
  • Slip gaji
  • Tagihan kartu kredit (jika ada)

Biaya pembuatan visa ini bisa berbeda pada setiap kedutaan besar. Namun biasanya sekitar 60 Euro. Untuk proses pembuatannya juga beragam, bisa satu hari atau 3 hari. Nah supaya Anda tidak mengalami masalah saat pembuatan visa ini, sebaiknya buka website kedutaan besar dari negara yang Anda pilih sebagai tempat pembuatan visa ini. Sebab akan ada beragam informasi mengenai pembuatan visa ini, dan juga dokumen yang harus Anda download dan kemudian diisi. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *