Mengenal Apa Itu PABX dan Fungsinya

Mungkin banyak dari kamu yang belum mengenal apa itu PABX. Yah, kenal saja tidak jadi bagaimana bisa tahu fungsinya atau peduli dengan PABX murah. Benar, kan? Padahal sebenarnya, kamu yang bekerja di kantor dengan banyak divisi, sering sekali loh memanfaatkan alat ini. Hanya saja, karena kamu sebagai karyawan sudah terima beres, jadi tidak peduli deh dengan alat ini.pabx sistem

Jadi, PABX itu apa sih? Berikut ini penjelasannya.

PABX (Private Automatic Branch eXchange) adalah sebuah alat yang digunakan pada sistem internal telepon. Bisa dikatakan, di dalam alat inilah sistem telepon akan diatur sesuai dengan kebutuhan. Alat ini khusus digunakan jika dalam satu nomor telepon, terdapat beberapa line. Atau, bisa dikatakan terdapat cabang untuk satu nomor telepon. Biasanya, line telepon dengan sistem seperti ini banyak ditemukan di area perkantoran.

Tanpa menggunakan alat ini, maka sebuah perusahaan akan membutuhkan banyak nomor telepon untuk setiap divisi. Namun, dengan menggunakan alat ini yang juga disebut switchboaard, maka satu nomor telepon dapat dibagi ke dalam beberapa line, yang sering dikenal dengan nomor ekstensi. Biasanya, setiap divisi akan diberikan nomor ekstensi yang berbeda, dan pengaturan nomor ini sendiri dilakukan di dalam alat ini. Selanjutnya, jika anggota divisi ada yang perlu melakukan komunikasi dengan divisi lain, maka hanya perlu menekan nomor ekstensi tujuannya saja. Namun itu hanya berlaku untuk menghubungi nomnor ekstensi di jaringan nomor telepon yang sama saja.

Lalu, bagaimana jika ingin menelepon ke luar? Caranya mudah, dan sebenarnya tidak berbeda dengan kita menelepon seperti biasa. Namun, kita harus menekan sebuah nomor terlebih dahulu untuk bisa melakukan panggilan ke nomor luar.

PABX tidak hanya digunakan untuk mengatur nomor ekstensi saja, tetapi juga bisa untuk mengatur pesan untuk setiap telepon yang masuk. Kamu tentunya pernah menelepon ke sebuah nomor perusahaan, kan? Misalnya saja, contoh sederhananya, kamu menghubungi nomor telepon bank. Maka biasanya akan ada pesan yang meminta kamu untuk menekan sebuah angka tertentu sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, angka satu untuk urusan tabungan, angka dua untuk perbankan, dan angka nol untuk operator. Nah bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan PABX, kamu perlu tahu tipe dan jenis PABX. Loh kenapa? Karena setiap tipe dan jenis PABX menawarkan fitur yang berbeda-beda.  (Vita)

Leave a Reply