demam

Mengapa Tubuh Demam Saat Udara Panas?

Meskipun di Indonesia tidak ada musim panas, bukan berarti kita tidak pernah merasakan suhu udara yang begitu panasnya. Bahkan terkadang kita merasa ingin sering mandi saking panasnya. Kondisi udara yang terlalu panas ini terkadang juga menurunkan stamina seseorang sehingga tidak bisa beraktivitas secara maksimal. Untuk mengatasinya, banyak yang kemudian mengonsumsi vitamin untuk stamina secara rutin.demam

Selain menyebabkan berkurangnya stamina, udara yang terlalu panas juga ternyata bisa menyebabkan kita terserang demam. Hmm, mungkin beberapa orang merasa ini aneh karena biasanya demam terjadi saat udara dingin. Namun, kenyataannya demam juga bisa terjadi diudara panas karena beberapa hal berikut ini:

  • Tubuh mengeluarkan keringat secara berlebihan. Akibatnya, tubuh akan basah oleh keringat yang keluar dari tubuh. Hal ini akan membuat tubuh Anda lembab dan dapat menangkap udara lebih cepat daripada kondisi biasa. Akibatnya, tubuh akan menjadi demam.
  • Heat stroke atau adanya serangan panas yang terlalu kuat. Hal ini biasanya terjadi saat sinar matahari sedang bersinar terang dengan suhu yang sangat tinggi dan Anda berada di bawahnya. Akibatnya, Anda membuka diri untuk menerima panas lebih banyak tanpa Anda sadari dan akhirnya membuat Anda demam dan menggigil.
  • Proses penyesuaian tubuh dari perubahan suhu udara yang ekstrim dari panas ke dingin. Misalnya saat Anda baru dari luar ruangan yang memiliki suhu udara tinggi dan kemudian masuk ke ruangan bersuhu rendah. Maka tubuh Anda akan berusaha menyesuaika diri dan berakibat pada munculnya demam.
  • Mengonsumsi air dingin atau air es pada saat udara panas memang hal yang menyegarkan. Kebiasaan inilah yang menjadi salah satu penyebab Anda mengalami demam. Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan secara berlebihan, maka Anda juga akan berisiko terkena radang atau infeksi tenggorokan.

Demam akibat suhu udara yang terlalu tinggi memang sulit untuk dihindari, kecuali dengan meningkatkan daya tahan tubuh Anda sendiri. Caranya sederhana, yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh agar Anda tidak mengalami dehidrasi, cukup istirahat, dan konsumsi berbagai makanan sehat. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *