Mengapa Tenaga Mobil Terasa Berkurang?

Saat ini, hampir semua mobil telah dilindungi oleh asuransi mobil. Dengan adanya asuransi ini, maka pemilik mobil tidak perlu khawatir lagi ketika suatu saat terjadi suatu risiko menimpa mobil kesayangannya. Misalnya, seperti hilang, atau terlibat kecelakaan. Akan tetapi, bagaimana jika masalah yang terjadi pada mobil berkaitan dengan mesin mobil?menyetir mobil

Sebenarnya, Anda tetap bisa memanfaatkan asuransi mobil untuk melakukan perbaikan (tergantung isi polis). Akan tetapi, bukan berarti Anda jadi bisa cuek dan tidak peduli dengan kondisi mesin mobil atau tidak berusaha mencari tahu penyebab dari masalah yang terjadi pada mesin mobil. Anda tetap harus mengetahuinya agar dapat mengatasinya disaat-saat darurat, misalnya ketika tiba-tiba tenaga mobil terasa berkurang.

Lalu, apa sajakah penyebabnya? Berikut ini adalah beberapa di antaranya: (source: showroommobil)

  • Kampas kopling menipis

Hal ini sering terjadi pada mobil yang sering melalui jalan menanjak. Sebab, dalam kondisi jalanan yang seperti ini, seringkali Anda menggunakan setengah kopling. Padahal, pada saat Anda menggunakan setengah kopling, akan terjadi gesekan antara plat kopling dengan pressure plate yang membuatnya lebih cepat aus. Ketika plat kopling sudah aus, maka tenaga mesin tidak akan bisa disalurkan ke transmisi (terjadi slip) sehingga membuat tenaga mobil akan berkurang atau bahkan tidak mampu menggerakkan kendaraan lagi.

  • Overheating

Ini adalah kondisi dimana mobil mengalami kenaikan suhu di atas batas normal. Biasanya terjadi karena proses pendinginan yang tidak berlangsung normal akibat dari bocornya saluran cairan radiator, matinya kipas pendingin, dan beberapa hal lainnya. Ketika mobil mengalami overheat, maka komponen mesin akan mengalami pemuaian ekstrem, terutama bagian piston atau silinder. Akibatnya gesekkan antara piston dengan dinding silinder menjadi lebih besar dan berat. Hal inilah yang menyebabkan tenaga mobil menjadi berkurang atau bahkan hilang jika tidak segera diatasi. Akibatnya, mobil Anda bisa mogok dan tentunya akan sangat mengganggu perjalanan Anda. Apalagi, jika hal ini terjadi di tol yang sedang padat kendaraan. Meskipun Anda tahu bagaimana cara mengatasi mobil mogok di jalan tol, tapi Anda pastinya tidak ingin mengalaminya, kan?

  • Filter kotor

Komponen filter udara dan filter bensin yang kotor juga bisa menyebabkan tenaga mesin berkurang. Sebab, proses pembakaran yang terjadi dalam mesin akan membutuhkan oksigen dan bahan bakar dalam jumlah yang cukup. Ketika filter kotor, maka baik oksigen maupun bahan bakar akan mengalami hambatan untuk bisa mengalir masuk ke ruang pembakaran, sehingga proses ini tidak bisa berjalan normal dan membuat tenaga menjadi berkurang.

  • Penggunaan ban yang tidak sesuai standar

Tahukah Anda bahwa pemakaian ban yang salah juga bisa menyebabkan tenaga mesin melemah? Saat ini cukup banyak mobil yang menggunakan ban dengan permukaan lebar karena terlihat lebih gagah. Akan tetapi, ban dengan permukaan lebar ternyata akan membuat mesin bekerja lebih keras  untuk menggerakkannya. Hal ini tentunya akan berdampak tidak baik untuk kendaraan Anda.

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, Anda tidak perlu langsung panik lagi jika tiba-tiba mesin mobil mengalami masalah pada tenaganya. Sebab, beberapa penyebab di atas sebenarnya bisa dihindari jika Anda lebih memperhatikan perawatan mesin mobil Anda. Semoga bermanfaat. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *