Mengapa Sakit Maag Tak Kunjung Sembuh?

Sudah makan dengan jadwal yang teratur, rajin olahraga, menghindari makanan yang tidak sehat untuk lambung, dan menerapkan berbagai gaya hidup sehat lainnya, tetapi kenapa sakit maag masih juga datang? Bahkan, obat maag yang dikonsumsi tidak bisa benar-benar menyembuhkan keluhan atas penyakit ini. Hanya bisa menghilangkan keluhannya sebentar, dan kemudian muncul kembali. Kondisi tersebut, pastinya sangat mengganggu aktivitas Anda, bukan?

maag
Source: nps.org.au

Sebenarnya, jika dalam kondisi biasa, gejala sakit maag akan hilang atau berkurang setelah Anda mengonsumsi obat maag. Bahkan anggapan mengenai puasa dan sakit maag ternyata hanya mitos, karena ternyata berpuasa justru dapat membantu proses penyembuhan sakit maag. Lalu, bagaimana jika yang terjadi adalah kondisi khusus seperti yang telah disebutkan di atas? Seandainya hal tersebut yang terjadi, maka sebaiknya Anda waspada karena bisa saja dua hal berikut ini penyebabnya:

  • Sakit maag organik

Sakit maag organik merupakan salah satu dari 2 jenis sakit maag. Sakit maag ini terjadi akibat adanya kelainan atau luka pada organ dalam tubuh. Biasanya, organ yang terkait dengan pencernaan seperti usus. Untuk mengetahui secara pasti apakah sakit maag Anda termasuk sakit maag organik, maka Anda harus menjalani pemeriksaan endoskopi. Setelah dipaastikan, maka Anda akan menerima pengobatan yang tepat.

  • Psikosomatik

Psikosomatik sebenarnya bukan masalah kesehatan secara langsung yang terjadi pada lambung. Sebab, psikosomatik sebenarnya adalah gangguan psikis dan emosional yang melibatkan pikiran dan tubuh secara fisik. Itulah sebabnya, penderita psikosomatik akan merasakan gejala penyakit tertentu. Sebenarnya, ada beberapa gejala yang dirasakan oleh penderitanya, tetapi masalah kesehatan pada lambung adalah hal yang cukup sering dialami oleh penderitanya. Sayangnya, banyak penderita psikosomatik yang tidak menyadari bahwa dia sedang mengalami masalah kesehatan ini dan hanya terfokus pada pengobatan atas gejala yang dirasakannya. Dari mulai mengonsumsi obat, melakukan berbagai pemeriksaan, dan sebagainya. Padahal, jika masalah ini tidak diatasi, maka keluhan atas penyakit ini tidak akan sembuh.

Salah satu cara paling sederhana untuk mengetahui apakah Anda menderita salah satu dari kedua penyakit ini adalah dengan memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin. Dengan begitu, Anda akan segera mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai untuk masalah kesehatan Anda. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *