Mengapa Menggunakan Panel Surya?

Apa yang terpikirkan pertama kali oleh Anda ketika mendengar panel surya? Mungkin beberapa akan langsung menjawab water heater dengan tenaga surya. Yap, solar water heater atau water heater tenaga matahari memang mulai banyak digunakan oleh masyarakat dibandingkan dengan water heater jenis lainnya. Namun, dalam artikel ini kita tidak akan membahas mengenai water heater tersebut, melainkan teknologi yang digunakannya, yaitu panel surya.Mengapa Menggunakan Panel Surya?

Selain digunakan untuk water heater, mulai banyak yang menggunakan panel surya sebagai lapisan dinding dan tenaga listrik. Tentunya penggunaan panel surya ini didasari oleh berbagai alasan. Lalu, apa saja yah alasan penggunaan panel surya untuk berbagai kebutuhan?

  • Tidak mengeluarkan zat hasil produksi yang berbahaya bagi lingkungan, sehingga panel surya jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan tenaga atau bahan bakar lainnya.
  • Selain tidak menghasilkan zat berbahaya, panel surya juga bekerja dalam diam atau bisa dikatakan tidak menyebabkan polusi suara.
  • Menggunakan tenaga matahari yang jumlahnya sangat banyak dan tidak terbatas, sehingga tidak perlu takut kehabisan. Lain dengan bahan bakar fosil yang mungkin saja akan mengalami kelangkaan dan membutuhkan waktu lama lagi untuk dapat tersedia kembali.
  • Mudah dipasang dan mudah dalam perawatannya. Penggunaannya pun cenderung lebih praktis, dan hanya perlu satu kali pasang jika ingin menggunakannya.
  • Mulai banyak negara yang memberikan keuntungan lebih pada warganya yang menggunakan panel surya sebagai sumber tenaga di rumahnya.
  • Masa pakainya yang cenderung dapat bertahan cukup lama, yaitu hingga puluhan tahun. Namun tentunya, harus dipasan denga benar dan dilakukan perawatan secara rutin.

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, namun sayangnya panel surya ini tetap masih memiliki kekurangan. Hal inilah yang membuat masih banyak masyarakat yang ragu untuk menggunakannya, antara lain:

  • Biaya pembelian dan pemasangannya yang tidaklah murah. Meskipun saat ini harganya mulai turun dan mulai bersaing dengan bahan bakar fosil, namun tetap saja tidak bisa dibilang murah.
  • Jika pemasangannya tidak dengan cara yang tepat, dapat membuat over heating.

Jika salah membeli, panel surya yang digunakan bisa saja terbuat dari bahan yang tidak ramah lingkungan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *