Para Pemula Kini Bisa Memulai Investasi Reksadana dengan Mudah

Orang yang belum pernah berinvestasi pasti merasa kurang percaya diri ketika memulainya. Padahal sebenarnya investasi adalah hal penting untuk menjaga kestabilan finansial. Kini banyak sekali pilihan investasi yang mudah untuk dijalankan. Salah satunya adalah reksadana.

investasi
Source: enterpreneur

Jangan khawatir dulu ketika mendengar kata reksadana. Sebagai pemula, kita bisa tahu apa itu reksadana jika kita sudah memahami hal-hal berikut ini :

Menetapkan Tujuan Investasi

Tujuan investasi akan membuat kita lebih mudah memilih produk reksadana. Sebab ada reksadana yang ditujukan untuk kebutuhan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Jika kita sudah menetapkan tujuan investasi, kita dapat memproyeksikan keuntungan yang diperoleh dari investasi reksadana pilihan kita.

Mencari Informasi dari Lembaga yang Terpercaya

Selain bank, masih ada lembaga keuangan terpercaya lainnya yang menyediakan produk reksadana. Jangan ragu untuk mencari infomasi lengkap mengenai reksadana pilihan kita. Tanyakan berbagai informasi seputar reksadana. Biasanya prosedur reksadana mencakup biaya administrasi, perkiraan keuntungan dan risiko, kebijakan investasi, perizinan, dan berbagai informasi lainnya.

Mengenal Reputasi Lembaga Penyedia Reksadana

Beberapa tahun belakangan ini, motif penipuan berkedok investasi memang semakin marak. Namun penjualan produk reksadana sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga kita hanya perlu memilih bank atau lembaga penyedia fasilitas reksadana yang reputasinya baik. Agar tidak tertipu oleh iming-iming keuntungan besar, kita juga dapat meminta informasi dan referensi dari kenalan yang sudah lebih memahami reksadana.

Jangan Sampai Reksadana Membebani Kondisi Finansial

Investasi memang baik untuk perencanaan keuangan kita di masa depan. Namun jangan sampai investasi berupa reksadana malah membebani kondisi finansial kita. Sebaiknya kita memilih nilai reksadana yang tidak membuat pengeluaran kita membengkak. Saat ini ada produk reksadana yang modalnya berkisar di angka ratusan ribu rupiah. Sehingga kita lebih mudah menyesuaikannya dengan kisaran pendapatan kita.

Mengandalkan Manajer Investasi

Sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang investasi ternyata dapat menjadi manajer investasi bagi reksadana kita. Kepemilikan reksadana kita akan dibagi untuk beberapa perusahaan yang potensial. Agar peluang keuntungannya semakin besar dan risikonya semakin minim.

 

Tidak ada kata terlambat untuk memulai investasi reksadana. Tetapi akan jauh lebih baik jika kita memulainya dari sekarang. Kepemilikan reksadana terbaik di masa kini akan mendukung kestabilan kondisi finansial di masa mendatang.

Leave a Reply