Membuat Taman Mungil di Halaman Kecil

Meskipun harga apartemen alam sutera banyak yang terjangkau, namun banyak yang tetap lebih memilih untuk tingga di rumah. Umumnya yang menjadi alasan adalah karena di rumah mereka bisa lebih bebas melakukan apapun, salah satunya adalah memiliki taman. Yap, memang jika tinggal di apartemen Anda tidak mungkin memiliki taman di halaman. Paling hanya taman kering di dalam ruangan. Namun jika Anda memutuskan untuk tinggal di apartmen, sudah banyak tips agar nyaman tinggal di apartemen mungil yang mungkin bisa menjadi referensi.

taman mungil
Source: pinterest

Nah untuk Anda yang saat ini sedang bingung ingin membuat sebuah taman namun hanya memiliki sisa halaman yang kecil, tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mewujudkannya, kok. Caranya? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Sesuaikan ukuran tanaman

Jika halaman yang Anda miliki benar-benar kecil, maka jangan pernah menanam pohon berukuran besar. Sebab hal tersebut akan membuat halaman langsung penuh. Sebaiknya pilihlah tanaman yang memiliki bunga dan berukuran tidak terlalu besar.

  • Tanamlah beragam jenis tanaman

Jika Anda hanya menggunakan tanaman bunga untuk mengisi taman, maka pilihlah tanaman yang beragam. Seandainya Anda ingin menggunakan satu jenis tanaman sekalipun, Anda bisa memilih bunga dengan warna yang berbeda. Dengan begini taman Anda akan terlihat jauh lebih menarik.

  • Susun tanaman dengan pola

Baik satu jenis tanaman (dengan warna bunga yang berbeda) maupun jenis tanama yang berbeda, cobalah untuk membuat sebuah pola saat menanamnya. Hal ini akan membuat taman Anda terlihat jauh lebih menarik. Apalagi jika bunganya sudah berkembang, taman Anda akan semakin menarik lagi.

  • Manfaatkan setiap tempat yang tersisa

Jika Anda memiliki halaman kosong di beberapa lokasi yang berbeda, cobalah untuk mengakali area sekitarnya sehingga halaman-halaman kosong tersebut dapat menjadi taman mungil yang menarik. Kalau Anda merasa bingung, maka Anda bisa meminta bantuan arsitek yang mendesain rumah Anda untuk mengkreasikan halaman kosong tersebut.

Meskipun terlihat sederhana, keberadaan taman di rumah nyatanya sangat penting. Sebab taman dapat menjadi sumber oksigen yang sangat berharga. Selain itu, melihat taman yang memiliki bunga berwarna-warni dapat membantu Anda menyegarkan pikiran. Apalagi bagi Anda yang memang memiliki hobi berkebun, taman pasti menjadi hal wajib yang harus dimiliki. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *