Membuat Kreasi Kayu Sendiri di Rumah

Kayu merupakan salah satu material yang saat ini sangat sering digunakan. Apalagi, semakin banyak orang yang senang menggunakan konsep back to nature untuk suasana rumahnya. Dan untuk menyempurnakan suasana ini, material kayu yang akan dipilih. Misalnya, untuk dibuat menjadi dinding, lantai, atau Membuat Kreasi Kayu Sendiri di Rumahberbagai macam furniture. Untuk berbagai keperluan ini, terkadang ada yang memilih untuk menyerahkannya pada seseorang yang sudah profesional. Namun, tidak jarang ada juga yang senang berkreasi sendiri dengan berbagai Alat Teknik yang ada di rumahnya.

Biasanya pilihan untuk berkreasi sendiri ini dilakukan oleh seseorang yang memang sudah paham betul, bagaimana cara membuat sesuatu dengan material kayu yang dimilikinya. Sebab, melakukan hal ini bukanlah hal yang mudah. Terkadang, kesalahan sedikit saja dalam pengukuran dapat membuatnya menjadi berantakan. Selain itu, beberapa hal berikut ini juga menjadi kendala saat membuat kreasi kayu sendiri di rumah, yaitu:

  • Jenis alat yang dimiliki

Paku, palu, obeng, bor, gergaji dan meteran roll biasanya menjadi alat teknik yang ada di rumah. Sebab, beberapa dari alat tersebut juga sering digunakan dalam keseharian. Akan tetapi, saat kita ingin berkreasi membuat sesuatu dari material kayu, mungkin saja kita akan membutuhkan beberapa alat lain agar hasil kreasi dapat maksimal. Padahal, harga dari alat-alat ini juga tidaklah murah. Hal ini akan berbeda jika dikerjakan oleh seorang profesional. Mereka biasanya sudah memiliki berbagai alat teknik yang cukup lengkap. Bahkan beberapa profesional memiliki genset  untuk memastikan mereka bisa tetap bekerja walaupun listrik mati. Tentu saja harga genset tidaklah murah sehingga saat menggunakan genset, ada hal-hal teknis yang perlu diperhatikan lagi.

  • Keterbatasan kemampuan

Membuat furniture sendiri di rumah berdasarkan dari tutorial yang dilihat di internet. Hal ini memang terlihat mudah, apalagi dalam tutorial sudah menjelaskan setiap langkah secara detail. Akan tetapi, belum tentu lho hasilnya nanti akan sama. Mengapa demikian? Sebab, pada tutorial yang mengerjakan biasanya adalah seorang profesional, sehingga saat dikerjakan semua terlihat mudah. Namun, hal ini belum tentu sama ketika kita yang mengerjakan. Mungkin saja kita melakukan kesalahan saat mengukur, menggambar pola, atau memotong kayu.

  • Seni

Jiwa seni yang dimiliki oleh seseorang akan mempengaruhi hasil dari kreasi yang dibuat. Tahu kenapa? Sebab, jika seseorang yang memiliki jiwa seni tanpa sengaja melakukan suatu kesalahan, mereka akan tahu harus melakukan apa untuk mengatasinya. Sementara, jika kita sebagai orang yang awam melakukan kesalahan, bisa jadi material yang sudah dipersiapkan menjadi terbuang percuma karena kita tidak tahu cara mengatasinya.

Memang, membuat kreasi sendiri dari material kayu terlihat mudah. Akan tetapi, kenyataannya tidak seperti itu. Namun, bukan berarti kita tidak boleh mencobanya. Hanya saja, diperlukan kesabaran dan ketelitian yang cukup tinggi saat proses produksi. Jadi, persiapkan hal tersebut dulu sebelum mulai berkreasi. Selamat berkreasi dan semoga berhasil. (Vita)

Leave a Reply