Manfaatkan Promo Hari Besar Dengan Bijak

Begitu mendengar kata “promo”, biasanya orang akan langsung tertarik mencari info lebih lanjut. Apalagi ketika menjelang hari besar Imlek sekarang ini, promo imlek di blanja pasti menjadi incaran para shopaholic. Wajar sih, soalnya diskon yang ditawarkan lumayan besar, jadi kan bisa dapet banyak barang dengan pengeluaran yang tidak terlalu banyak. Iya, gak sih?

Online shopaholic
Source: hercampus

Hmm, jika kamu termasuk shopaholic pasti sependapat dengan pemikiran tersebut. Akan tetapi, tahu nggak sih kalau ternyata promo ini justru bisa menjadi jebakan untuk kamu? Eits, tapi jangan berpikir kalau ini artinya promo itu bohong yah. Sebab, bukan promonya lah yang salah, tetapi kamulah yang tidak bisa memanfaatkan promo ini dengan bijak. Akibatnya, pengeluaranmu membengkak dan akhirnya kamu sendirilah yang merasa pusing bagaimana cara mengatasinya.

Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, coba deh lakukan beberapa hal ini:

  • Buat list kebutuhan dan prioritas

Banyak orang yang memang sengaja menunggu adanya promo untuk membeli suatu barang yang dibutuhkannya. Nah, jika kamu termasuk di dalamnya, kamu sebaiknya membuat daftar barang apa saja yang kamu butuhkan. Urutkan barang-barang tersebut sesuai dengan skala prioritasnya. Jika memang kamu membutuhkannya, tempatkan diposisi 1 meskipun harganya mahal. Hal ini, justru bisa membuatmu tidak tergoda untuk membeli barang lain yang tidak penting, sebab harga barang pertama saja sudah cukup menguras keuanganmu, kan?

  • Tentukan budget maksimal

Pastikan kamu melakukan perhitungan sebelum membuka situs belanja online. Perhitungan ini adalah untuk menentukan budget maksimal yang boleh kamu gunakan. Jangan lakukan ini setelah membuka situs, tetapi lakukan sebelumnya. Sebab, jika kamu sudah membuka situs terlebih dahulu, kamu bisa memanipulasi perhitunganmu yang penting semua barang yang kamu inginkan bisa kamu beli. Pada akhirnya, kamu akan menyesal sudah melakukannya karena uangmu habis begitu saja.

  • Hindari menggunakan kartu kredit

Banyak yang senang berbelanja dengan kartu kredit karena bisa membayar dengan cara mencicil. Tapi, tahukah kamu bahwa ini justru bisa membuatmu terjerumus, khususnya jika limit kartu kreditmu cukup besar. Bisa-bisa tanpa sadar kamu menghabiskan limit kartumu tersebut hanya untuk memanfaatkan promo ini. Tinggal bayarnya saja deh nanti yang akan membuatmu kebingungan.

Hal yang sangat penting lainnya yaitu, kamu harus mampu untuk menahan diri. Sebab, tanpa adanya ini, apapun saran yang diberikan oleh orang lain akan percuma. Semua poin yang telah disebutkan juga tidak akan membantumu, karena kamu akan mencari beribu alasan supaya kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan tersebut.

promo imlek blanja

Nah, siap untuk menyambut promo banja? (Vita)

Leave a Reply