Manfaat Menakjubkan Dari Buah Pisang yang Harus Kamu Ketahui

Buah pisang yang dikenal sebagai makanan kesukaan monyet ternyata tidak hanya rasanya enak. Buah pisang juga memiliki banyak manfaat terutama untuk menurunkan berat badan. Nah, biar kamu tidak penasaran, yuk simak beberapa manfaat menakjubkan pada buah pisang.

manfaat pisang
Source: medicalnewstoday
  • Membentuk otot

Bagi kamu yang ingin membentuk otot di tubuh, kamu bisa mengkonsumsi pisang secara teratur, selain itu pisang juga membantu meningkatkan masa otot kamu. Pisang memiliki kandungan pottasium yang berguna untuk memulihkan otot setelah kamu lelah berlatih.

  • Pisang membuat kita lebih bahagia

Ini manfaat lainya yang bisa kamu dapatkan. Yaps, buah pisang bisa membuatmu merasa lebih bahagia, hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan vitamin B9 atau folat yang dapat mengurangi depresi, bisa dibilang pisang adalah buah anti depresi yang mengandung serotonin yang memberikan efek bahagia.

  • Obat anti insomnia

Sangat berguna khususnya untuk kamu yang mengidap insomnia, karena pisang adalah obat yang paling mujarab. Dengan mengkonsumsi pisang, akan membantu kamu untuk cepat tidur, hal ini dikarenakan pisang mengandung trytophan.

  • Menurunkan berat badan

Bukan rahasia lagi jika pisang dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Kamu bisa mengkonsumsi pisang setiap hari, karena pisang mengandung kolin yang baik untuk membakar lemak dalam tubuh. Tak heran jika pisang adalah menu pilihan yang tepat untuk program diet, karena pisang mempunyai kandungan serat yang dapat membantu kamu tetap merasa kenyang.

  • Penangkal gula darah

meskipun rasanya yang manis, mengkonsumsi pisang  dapat membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh. Untuk itu konsumsi pisang setiap hari agar tubuh sehat dan fit terus.

  • Mengobati jerawat

Tak hanya menyehatkan tubuh, pisang juga berguna untuk mengobati jerawat, cukup dengan menghancurkan daging buah pisang dan mengoleskan nya ke bagian kulit yang terkena jerawat, diamkan selama beberapa menit, kamu sudah bisa membasmi jerawat di tubuh mu.

  • Mengobati sakit maag

Jika kamu takut menjalani program diet karena tersandung sakit maag, sebaiknya konsumsi buah pisang, buah pisang terkenal akan zat penangkal asam yang baik, sehingga dapat meredakan maag, jadi kamu tidak perlu takut lagi untuk menurunkan berat badan, meski maag melanda kamu.

  • Menyeimbangkan jumlah cairan

Saat diet tubuh pasti membutuhkan cairan yang seimbang agar menunjang semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang sangat berperan penting untuk dapat menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

  • Membuat tulang lebih sehat

Selain menyehatkan organ tubuh lainnya, pisang juga sangat baik untuk kesehatan tulang, maka dari itu sangat dianjurkan bagi para orang tua untuk mengkonsumsi pisang setiap hari, karena pisang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

  • Mencegah sakit jantung

Buah lembut ini juga sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karenakan buah pisang mengandung vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terdapat pada buah pisang merupakan suatu tonik yang baik untuk kesehatan jantung, dan serat pektin yang sangat berpengaruh dalam menurunkan kolestrol.

Buah pisang memiliki dua kali karbohidrat dan lima kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel. Bahkan pisang diperkaya kandungan potasium dengan kadar potasium yang mencapai 400mg di dalam pisang yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi setiap hari setelah makan atau sebelum makan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bagaimana ladies, tertarik untuk mencoba buah pisang sebagai menu sehat setiap hari? Itu dia sejuta manfaat buah pisang yang bisa kita dapatkan. Tunggu apalagi santap buah pisang di waktu pagi siang dan sore agar tubuh tetap tersuplai gizi yang baik, dengan begitu tubuh akan lebih sehat dan berat badan mu akan mudah turun. Tentunya kamu bisa menyantap langsung atau di olah menjadi bubur, jus atau selai. Nikmat dan bermanfaat, selamat mencoba!

Leave a Reply