makanan sehat

Makanan Sehat Ini Jadi Berbahaya Karena Kesalahan Ini

Coba membuat makanan yang aman dari berbagai resep makanan sehat yang bisa ditemukan di internet, adalah salah satu cara untuk menjaga pola hidup sehat. Atau, jika Anda malas untuk membuatnya sendiri, Anda juga bisa membeli makanan ataupun camilan sehat yang saat ini banyak beredar dipasaran. Masalah harga, tidak perlu khawatir karena banyak makanan tersebut yang memiliki harga cukup terjangkau sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan kemampuan Anda.makanan sehat

Meskipun begitu, ada yang harus Anda waaspadai saat memilih ataupun mengonsumsi makanan sehat tersebut. Baik yang Anda bikin sendiri, ataupun beli. Mengapa demikian? Sebab, ternyata ada beberapa jenis makanan yang justru jadi berbahaya karena salah pengolahan ataupun cara mengonsumsinya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasannya.

  • Pengolahan

Ada beberapa jenis bahan makanan yang awalnya sehat karena kandungan nutrisi yang dimilikinya, tetapi pada akhirnya menjadi tidak sehat atau cenderung berbahaya akibat salah cara pengolahannya. Beberapa contohnya adalah granola. Granola sendiri merupakan bahan makanan yang terdiri dari berbagai kacang-kacangan, oat, dan buah yang telah dikeringkan. Granola yang telah diolah dan siap konsumsi seringkali dijadikan camilan sehat.

Namun, banyak juga yang menjadikan granola sebagai bahan untuk membuat kue atau sereal. Pada saat proses pengolahan granola menjadi produk tersebut, granola akan ditambahkan dengan beragam bahan lain yang kurang sehat, seperti gula, mentega, dan bahan lainnya. Bahkan, kandungan nutrisi dan serat dalam granola bisa hilang saat pengolahan tersebut. Akibatnya, bukan manfaat yang Anda dapatkan, justru kadar gula dalam darah yang meningkat jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Hal yang sama berlaku pada oatmeal, yang mengandung nutrisi baik tetapi menjadi hilang saat diolah menjadi sebuah makanan yang baru.

  • Cara Mengonsumsi

Ada banyak orang yang mengonsumsi sesuatu karena dianggap baik untuk kesehatan, tanpa memedulikan hal lainnya. Misalnya, berapa dosis yang baik atau kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Salah satunya adalah teh hijau yang dipercaya dapat menurunkan risiko kanker karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Memang, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Namun, minuman ini juga mengandung kafein yang berdampak buruk bagi tubuh. Bagi Anda yang memiliki riwayat sakit maag, kandungan kafein ini akan merangsang naiknya produksi asam lambung. Selain itu, kandungan kafein akan memberi efek munculnya rasa cemas serta jantung berdebar bagi beberapa orang jika dikonsumsi berlebihan.

Sebenarnya, apapun bahan makanan yang ada memiliki efek baik dan buruk bagi tubuh. Dengan memerhatikan kedua hal di atas dengan baik, maka Anda bisa memperoleh manfaat baik dari makanan yang dikonsumsi dan meminimalis efek buruknya. Semoga bermanfaat. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *