Lotus Temple, Kuil Unik Berbentuk Lotus di India

Ketika bermain ke daerah perkantoran seperti mega kuningan, pasti kita akan melihat banyak sekali office tower mega kuningan yang memiliki beragam bentuk. Dari yang memiliki bentuk biasa, hingga yang berbentuk unik. Meskipun begitu, namun ternyata keunikan office tower ini masih belum bisa mengalahkan keunikan bentuk kuil lotus yang terdapat di negara India. Hal ini bisa terlihat dari bentuk bangunannya yang sudah terlihat indah dan unik dari sudut manapun kita melihatnya.Lotus Temple, Kuil Unik Berbentuk Lotus di India

Nama kuil lotus (lotus temple) ini disesuaikan dengan bentuk bangunannya yang memang menyerupai bunga lotus yang sedang mekar. Tidak hanya itu saja, keindahannya pun sama dengan keindahan bunga lotus. Saat melihat bangunan ini, kita akan serasa melihat sebuah bunga lotus raksasa yang sedang mekar.

Kuil ini merupakan kuil terakhir dari tujuh kuil utama Bahai yang dibangun di seluruh dunia. Sebelumnya, telah ada 6 kuil utama Bahai yang dibangun di seluruh dunia, yaitu Apia (Samoa Barat), Sidney (Australia), Kampala (Uganda), Kota Panama (Panama), Frankfurt (Jerman) dan Wilmette (USA).  Kuil Lotus sendiri selesai dibangun pada tahun 1986. Berlokasi di Shambhu Dayal Bagh, Bahapur, New Delhi, India, kuil ini menjadi salah satu lokasi utama yang akan dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Apalagi, kuil ini pun memiliki aturan yang sama seperti kuil Bahai lainnya, yaitu terbuka uLotus Temple, Kuil Unik Berbentuk Lotus di Indiantuk semua penganut agama lain (Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Agama lainnya). Aturan ini berhubungan dengan hukum Bahai yang lebih menekankan semangat House of Worship, yaitu sebuah tempat berkumpulnya orang-orang beragama yang menyembah Tuhan (meskipun berbeda) tanpa pembatasan.

Kuil ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Furiburz Sabha, yang sengaja memilih lotus sebagai simbol umum untuk agama Hindu, Budha, Kuil Bhai, dan Islam. Struktur dari kuil ini sebagian besar terbuat dari marmer berwarna putih, dan memiliki bangunan menyerupai kelopak bunga dan dikelilingi kolah berjumlah 9 buah. Kolam ini akan memancarkan cahaya yang indah ketika terisi penuh akibat dari pantulan cahaya. Sejak pembangunannya selesai, kuil ini telah memenangkan beragam penghargaan dibidang arsitek.

Hmmm… pasti indah yah. Penasaran ingin melihat langsung bangunan ini? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *