Lagu Jepang yang Sampai Saat Ini Masih Terkenal (Part 1)

Berkumpul bersama teman sambil bernyanyi diiringi dengan gitar akustik adalah hal yang sangat menyenangkan. Atau jika tidak ada yang bisa memainkan alat musik, pergi ke karaoke dan menyanyikan lagu kesukaan bersama-sama juga tidak kalah menyenangkan. Biasanya kalau sudah berkumpul seperti ini berbagai jenis lagu akan dinyanyikan, termasuk juga lagu dari negara lain.

Lagu Jepang, adalah salah satu lagu yang cukup sering dinyanyikan saat seperti ini. Tidak hanya lagu yang baru saja, lagu yang sebenarnya sudah cukup lama dirilis namun masih terkenal hingga sekarang, juga menjadi lagu yang tidak ketinggalan untuk dinyanyikan. Lagu apa saja ya? Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  • Kokoro no Tomo

Meskipun bukan penggemar lagu Jepang sekalipun, pasti kamu tahu dong lagu ini? Yap, lagu berjudul Kokoro no Tomo yang dinyanyikan Mayumi Itsuwa ini memang sangat terkenal sekali di Indonesia. Padahal, sebenarnya lagu ini dirilis sejak tahun 1982, sudah lama sekali, kan? Akan tetapi seolah tidak lekang oleh waktu, anak-anak generasi sekarangpun cukup banyak yang mengenal lagu ini. Lebih hebatnya lagi, ternyata sebenarnya di negara asalnya saja lagu ini tidak begitu dikenal. Mengapa demikian? Sebab lagu ini hanyalah salah satu lagu yang berada dalam sebuah single, artinya bukan single utama. Sehingga sangat jarang dinyanyikan dalam live performance ataupun diputar di radio. Inilah yang membuat Mayumi sendiri bingung, bagaimana bisa lagu ini menjadi begitu terkenal di Indonesia, namun sekaligus juga merasa sangat bahagia.

  • First Love

Lagu yang dinyanyikan oleh Utada Hikaru ini sebenarnya adalah original soundtrack dari dorama Jepang berjudul Majo no Jouken (Terms for a witch), yang diperankan oleh Hideaki Takizawa dan Nanako Matsushima. Doramanya sendiri, di Indonesia sebenarnya kurang begitu meraih kesuksesan. Akan tetapi, ost dorama ini justru malah sangat dikenal dan menjadi salah satu lagu Jepang yang dikenal sepanjang masa. Di Jepang sendiri, penjualan album berbahasa Jepang pertama Utada Hikaru ini, mencapai angka yang fantastis, yaitu lebih dari 8juta pcs, dan menjadi penjualan terbaik untuk album berbahasa Jepang saat itu.

  • La la la Love Song

Lagu yang dinyanyikan oleh Toshinobu Kubota feat Naomi Campbell ini dijadikan soundtrack untuk dorama Jepang berjudul Llong Vacation. Di Indonesia, baik dorama maupun soundtracknya ini berhasil diterima dengan baik oleh masyarakat, dan sampai sekarang lagu ini masih cukup dikenal oleh masyarakat. Khususnya, oleh anak generasi 90-an yang saat itu sudah menyaksikan dorama ini.

Selain ketiga lagu yang disebutkan di atas, masih ada beberapa lagu lainnya. Tapi, kita lanjutkan di part selanjutnya yah. (Vita)

Leave a Reply