Kusen dari Material Apakah yang Paling Bagus?

Bagi Anda yang sedang membangun rumah, saat ini mungkin sedang dibuat bingung memilih bahan untuk kusen Anda sebelum memilih material paling cocok untuk pintu rumah depan. Bagaimana tidak, saat ini tersedia banyak sekali material pembuat kusen. Dari mulai kusen UPVC, kusen alumunium, kusen kayu, dan beberapa lainnya. Setiap material pastilah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal inilah yang akhirnya membuat kita merasa bingung, manakah yang lebih bagus di antara semuanya?

kusen rumah
Source: tradstocks.co.uk

Nah, supaya tidak bingung, yuk langsung saja kita bahas kelebihan dan kekurangan dari 3 material yang umum dijadikan kusen:

  • Kayu

Kusen kayu lebih fleksibel untuk urusan ukuran, warna, dan desain. Anda bisa memvariasikan kusen kayu ini dengan berbagai ukiran supaya kusen terlihat lebih menarik. Selain itu, karena mudah dipotong maka tidak ada ukuran yang benar-benar standar untuk kusen kayu, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Sayangnya saat ini mencari kayu yang berkualitas baik tidaklah mudah. Kalaupun ada, saat ini harganya sangat tinggi. Padahal kualitas kayu yang kurang baik akan membuatnya mudah melengkung dan juga mudah rusak akibat rayap. Selain itu, kayu bisa memuai ataupun mengkerut akibat perubahan suhu atau cuaca yang ekstrem. Hal inilah yang membuat pintu atau jendela terkadang sulit dibuka pada suhu tertentu.

  • Alumunium

Kusen alumunium memiliki kualitas yang jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan kusen kayu, karena tidak ada risiko dimakan rayap. Selain itu suhu ataupun cuaca ekstrem tidak mempengaruhi kusen ini. Harganyapun lebih murah dibandingkan kusen kayu.

Sayangnya kusen ini adalah buatan pabrik sehingga tidak fleksibel untuk ukuran. Anda harus menyesuakan desain jendela ataupun pintu mengikuti ukuran standar kusen ini. Selain itu, pemasangan yang kurang pas akan membuatnya rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

  • UPVC

Ini adalah kusen yang sedang trend dan banyak digunakan masyarakat saat ini. Sebab kusen ini memiliki sifat seperti alumunium, yaitu tahan rayap dan tahan lama. Kusen UPVC adalah kusen yang dibuat dari material Unplasticized Poly Vynil Chloride, yaitu sebuah turunan plastik yang kelenturannya berkurang sehingga memiliki struktur yang keras. Agar kuat menopang, bagian dalam kusen diberikan rangka baja, atau galvanis.

Sayangnya karena kualitasnya tersebut, Anda harus merogoh kantong lebih dalam untuk membelinya.

Dari penjelasan di atas, sebenarnya sudah jelas ya mana yang lebih baik?  (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *