Kurangi Total Biaya pada Alat Berat

Sudah menjadi hal yang umum, bahwa memiliki alat berat berarti harus siap untuk mengeluarkan dana yang cukup besar. Dari mulai biaya saat pembelian, perawatan, penggantian spare part alat berat, dan berbagai hal lainnya. Karena itulah, beberapa kontraktor terkadang lebih memilih menyewa alat berat yang dibutuhkan saja ketika mendapatkan sebuah proyek, dibandingkan dengan harus membeli yang baru.Kurangi Total Biaya pada Alat Berat full

Hal tersebut mungkin benar, akan tetapi, sebenarnya Anda bisa juga loh melakukan sesuatu untuk meminimalis total biaya yang harus Anda keluarkan terkait kepemilikan alat berat. Berikut ini, adalah beberapa caranya seperti dikutip dari situs casece :

  • Atur waktu idle

Anda bisa mengatur waktu idle pada alat berat milik Anda sesuai dengan kebutuhannya. Pengaturan ini ditujukan untuk menghemat bahan bakar, karena jika mesin terus menyala sementara tidak digunakan dalam waktu panjang maka akan banyak bahan bakar yang terbuang sia-sia. Selain itu, menyalakan mesin terus menerus sementara tidak digunakan dapat memperpendek usia garansi mesin.

  • Manfaatkan dengan tepat

Ingat baik-baik jumlah semua alat berat yang Anda miliki, dan manfaatkan semuanya secara maksimal dan tepat (tidak berlebihan). Misalnya saja, ketika dalam suatu proyek Anda membutuhka backhoe, dan Anda merasa bahwa seluruh backhoe milik Anda sudah digunakan semua. Padahal, sebenarnya ada sebuah backhoe lain milik Anda yang sedang menganggur dan menunggu untuk digunakan.

  • Fitur

Setiap alat berat mungkin memiliki fitur yang berbeda, meskipun fungsi yang sama. Saat Anda membeli alat berat, pastikan bahwa Anda membutuhkan fitur ini karena fitur apapun akan mempengaruhi harga. Namun, jangan juga mmenunda untuk menambahkan sebuah fitur pada alat berat Anda, sementara Anda membutuhkannya.

  • Operator

Pastikan bahwa operator yang mengoperasikan alat berat adalah orang yang terlatih dan menguasai alat berat dengan baik. Pemahaman ini tidak hanya terbatas pada mampu mengendalikan saja, tetapi juga mampu untuk melakukan berbagai setting yang diperlukan (seperti idle time), memahami berbagai indikator alat berat, dan berbagai hal lainnya. Pengoperasian yang tepat oleh operator yang profesional, akan membantu Anda untuk menambah panjang usia alat berat, yang artinya dapat mengurangi total biaya yang harus Ada keluarkan.

Masih ada beberapa hal lagi yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi biaya. Namun, beberapa hal di atas merupakan contoh yang cukup penting dan sebaiknya Anda perhatikan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *