Komunikasi yang Baik Menentukan Keberhasilan Bisnis

Memiliki peralatan komunikasi yang baik merupakan hal penting yang harus ada dalam sebuah kantor. Seperti sistem telepon PABX dengan berbagai fitur tambahan dalam telepon PABX dan juga jaringan internet dengan koneksi yang cepat. Meskipun begitu, semua teknologi tersebut akan terasa percuma jika Anda tidak memiliki satu hal, yaitu kemampuan komunikasi yang baik.

komunikasi bisnis
Source: shutterstocks

Mungkin hal tersebut terlihat tidak penting, namun tahukah Anda bahwa kemampuan komunikasi yang baik bisa menjadi penentu kesuksesan bisnis Anda? Apalagi jika Anda tidak hanya bekerja di belakang meja saja, tetapi juga bertemu dengan banyak orang untuk mempromosikan produk usaha Anda. Tanpa adanya komunikasi yang baik, maka Anda tidak akan bisa mencapai hal yang diinginkan.

Memangnya seberapa penting sih komunikasi yang baik?

  • Meningkatkan penjualan

Pernahkah Anda menolak sebuah produk saat seseorang menawarkannya, namun kemudian Anda justru membeli produk yang sejenis ketika oranglain menawarkannya pada Anda? Hal tersebut tidak menunjukkan bahwa produk ke-2 lebih baik daripada produk pertama. Namun mungkin saja kemampuan orang yang kedua dalam menawarkan produknya lebih menarik sehingga Anda menjadi berminat untuk membelinya.

Ketika Anda berada di posisi penjual, tentunya Anda ingin mampu menjual produk sebanyak-banyaknya, kan? Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka Anda bisa menjadi seperti penjual kedua dalam ilustrasi di atas. Kemampuan komunikasi yang baik tidak hanya terbatas pada memilih bahasa yang baik dan tepat saja, tetapi juga bagaimana cara Anda meyakinkan pembeli tanpa terkesan memaksa yang pada akhirnya terkesan mengganggu.

  • Meningkatkan semangat dalam tim

Selain saat berhubungan dengan konsumen, komunikasi yang baik juga penting dalam satu tim, khususnya ketika Anda adalah pemimpin tim. Dengan memiliki komunikasi yang baik, Anda akan lebih dapat memahami masalah yang sedang dihadapi oleh tim dan berusaha menyelesaikannya bersama-sama. Selain itu Anda juga bisa memberikan semangat pada anggota tim ketika sedang terpuruk.

  • Menghindarkan salah paham

Ketidakjelasan dalam berkomunikasi dapat menimbulkan kesalahpahaman. Hal ini bukan sesuatu yang bisa dianggap kecil dan tidak penting, sebab jika sebuah kesalahpahaman dibiarkan terus bisa menimbulkan fitnah yang merugikan pihak tertentu.

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik bukan hal yang mudah, namun Anda tetap bisa melakukannya. Demi kemajuan bisnis, Anda harus terus berlatih dan mintalah bantuan pada teman Anda yang telah memiliki kemampuan ini mengenai tips dan triknya. (Vita)

1 thought on “Komunikasi yang Baik Menentukan Keberhasilan Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *