Komatsu WA1200-6, Salah Satu Wheel Loader Paling Produktif

Mungkin belum banyak masyarakat yang mengetahui macam-macam alat berat selain crane, excavator atau forklift. Karena itulah, spare part alat berat tersebut termasuk yang paling banyak dibutuhkan karena memang cukup banyak juga penggunaannya. Namun sebenarnya, selain ketiga alat berat ini, masih banyak loh jenis alat berat lainnya. Salah satunya yaitu wheel loader yang berfungsi sebagai alat angkut material.

Wheel loader sendiri, memiliki banyak sekali tipe, meskipun yang memproduksinya adalah satu perusahaan yang sama. Biasanya, perbedaannya terletak pada spesifikasi dari wheel loader tersebut. Salah satu wheel loader yang memiliki spesifikasi terbaik di kelasnya yaitu Komatsu WA1200-6 yang diproduksi oleh Komatsu. Nama “WA” pada alat berat ini sendiri merupakan singkatan dari “Walk Around”.

Komatsu WA1200-6, Salah Satu Wheel Loader Paling Produktif
Komatsu WA1200-6

Lalu apa saja ya keistimewaan dari produk Komatsu ini?

Komatsu WA1200-6 memiliki ukuran bucket yang terbesar dibandingkan dengan wheel loader lain dikelasnya, yaitu sekitar 20,0 meter kubik untuk standard boom dan 18,0 meter kubik untuk high lift boom. Bucket ini dirancang secara khusus agar dapat menampung hingga penuh dengan sedikit saja tumpahan pada saat perpindahan material. Hal ini menyebabkan bucket dapat bekerja maksimal dan efisien. Untuk mengisi sebuah dump truck dengan muatan total 150 ton, hanya membutuhkan 4 kali pengisian.

Karena memiliki bucket yang berukuran besar, maka posisi cab atau kabin operator berada cukup tinggi. Tujuannya, agar pandangan operator tidak terhalang saat sedang mengoperasikan alat berat ini. Selain posisi kabin yang aman, kabin juga dirancang agar hanya sedikit saja mengalami getaran. Dengan begini, operator akan merasa lebih nyaman saat sedang bekerja. Selain tempat duduk untuk operator, terdapat juga tempat duduk untuk trainer. Kedua tempat duduk ini dilengkapi dengan sabuk pengaman untuk mengamankan operator dan trainer yang berada dalam kabin dari kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Kelebihan lainnya yaitu, mesin yang digunakan oleh alat ini adalah sebuah mesin diesel dengan kemampuan low fuel consumption, atau dengan kata lain hemat bahan bakar. Gas emisi atau gas pembuangan dari mesin inipun tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan. Meskipun begitu, kedua hal tersebut tidak menyebabkan produktivitas dari alat ini berkurang.

Selain beberapa hal di atas, masih terdapat beberapa kelebihan lainnya yang tidak disebutkan dalam artikel ini. Namun, beberapa kelebihan tersebut saja tentunya sudah cukup membuat konsumen tertarik untuk memilih wheel loader ini dibandingkan dengan yang lainnya. (Vita)

Leave a Reply