ban motor bocor

Kok Ban Motor Sering Bocor, ya?

Bagi para pengguna kendaraan roda dua, pasti sering merasa kesal ketika sedang terburu-buru eh ban motor malah bocor. Padahal sebelum pergi sudah ganti oli mesin supaya perjalanan lancar, eh ternyata justru ban yang bermasalah. Apalagi jika ternyata di sekitar situ tidak ada tambal ban, artinya kamu harus mendorong motormu tersebut ke tempat tambal ban terdekat. Wah rasanya sudah lengkap banget deh.

ban motor bocor
Source: solopos

Eits, jangan keburu kesal. Sebab mungkin saja bocornya ban motormu ini adalah kesalahanmu sendiri. Loh kok bisa? Ya jelas saja bisa. Nah supaya kamu tidak selalu menyalahkan orang lain, yuk coba cari tahu dulu apa saja sih penyebab ban motor mudah bocor.

  1. Benda tajam

Jelas ini adalah penyebab utama mengapa ban motormu bocor. Namun jangan langsung berpikir bahwa ada yang sengaja menebar paku ya karena ternyata jika ban motormu sudah tidak bagus, jalanan rusak juga bisa membuat banmu bocor. Biasanya hal ini disebabkan karena ban luar sudah terlalu tipis sehingga sensitif terhadap sesuatu yang tajam.

  1. Tekanan angin kurang

Ban yang tekanan anginnya kurang akan membuat ban tidak mampu menahan beban motor secara maksimal. Ketika motor melewatir jalanan yang rusak dan banyak bagian yang cukup tajam, maka akan semakin mempertinggi risiko ban mengalami kebocoran.

  1. Tumpukan pasir

Tahukah kamu bahwa tumpukan pasir yang ada di antara kembang ban bisa menjadi penyebab kebocoran ban motor? Jadi mulai sekarang rajinlah untuk membersihkan ban motormu juga saat mencuci motor.

  1. Kondisi ban dalam sudah tidak baik

Jika ban ddalam sudah mengalami penambalan lebih dari tiga kali, maka sebaiknya gantilah ban dalam dengan yang baru. Sebab ban dalam yang sudah terlalu sering ditambal akan menjadi semakin mudah bocor.

  1. Pentil yang tidak rapat

Ada dua penyebab kebocoran dari pentil, yang pertama karena kamu memang kurang rapat menutupnya atau karena kualitas pentil yang memang sudah rusak. Biasanya pentil ban rusak jika usia ban sudah cukup lama, itulah sebabnya kamu harus rajin memeriksanya.

Dari beberapa penyebab di atas, sudah jelas bukan bahwa ada beberapa penyebab yang bisa terjadi karena kamu kurang memerhatikan kondisi banmu. Jadi jangan hanya mesin saja yang kamu perhatikan saat akan bepergian, tetapi juga ban dan berbagai komponen lain. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *