Keuntungan dan Kerugian Menjadi Wirausaha

Banyak orang yang berpikir bahwa menjadi wirausaha itu jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan menjadi karyawan. Sebab, semakin kita bekerja keras, maka hasil yang didapatkan akan semakin besar. Selain itu, hasil yang di dapat juga bisa dinikmati sendiri jika kita tidak memiliki karyawan dan modal tidak berasal dari pinjaman usaha. Namun, apakah benar begitu? Tentu, pertanyaan-pertanyaan seperti “Apakah benar punya usaha selalu menguntungkan?” dan “Apakah berwirausaha bisa merugikan?” akan selalu menggantungi Anda.

wirausaha
Source: befast.tv

Sebenarnya, apapun profesi yang Anda jalankan, tentulah memiliki keuntungan dan kerugiannya. Termasuk juga wirausaha, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Keuntungan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keuntungan atau penghasilan yang kamu dapatkan akan menjadi milikmu sepenuhnya. Berbeda dengan menjadi karyawan, di mana hasil yang kamu terima sudah jelas jumlahnya seberapa keraspun kamu bekerja (kecuali untuk uang lembur, bonus, dan sebagainya). Anda juga akan menjadi pemegang keputusan, jadi sangat tepat untuk Anda yang memiliki jiwa pemimpin dan lebih senang untuk memerintah dibandingkan dengan diperintah.

Keuntungan lainnya yaitu, memiliki waktu kerja yang fleksibel. Banyak perempuan sekarang yang memilih untuk menjadi wirausaha agar memiliki lebih banyak waktu mengurus keluarganya. Apalagi dengan bantuann teknologi internet saat ini, banyak wirausaha yang tetap bisa memasarkan produknya meskipun tidak pergi kemanapun. Selain itu, dengan berwirausaha maka wawasan Anda akan semakin bertambah. Sebab, setiap kali Anda menemukan adanya masalah pada usaha Anda, maka Anda harus mencari sendiri cara untuk mengatasinya.

  • Kerugian

Meskipun keuntungan akan menjadi milik Anda, tetapi keuntungan yang didapatkan oleh Anda akan bervariasi. Bisa saja, bulan ini Anda mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang tinggi namun bulan depan penghasilan Anda menurun drastis. Tidak hanya itu, meskipun waktu yang kamu miliki fleksibel, tetapi kamu harus selalu siap untuk melayani dan menjawab konsumen kapanpun. Jadi, seandainya kamu sedang berlibur ke suatu tempat dan ada yang menanyakan tentang produkmu, maka kamu harus memberikan respon yang cepat pula. Sebab, semakin lama respon yang kamu berikan akan semakin membuat konsumen merasa tidak yakin padamu.

Menjadi wirausaha mungkin bisa menguntungkan, tetapi dibutuhkan kerja keras dan juga pantang menyerah. Sebab, tidak menutup kemungkinan usaha yang dijalankan akan mengalami berbagai hambatan yang membuat Anda akan mengalami kesulitan dalam menghadapinya. Dan hambatan ini, tidak hanya akan datang saat Anda baru memulai usaha saja, tetapi juga saat usaha sudah mulai maju dan berskala cukup besar. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *