Ketahui Penyebab Kerusakan Ban Berikut Ini

Sebenarnya, semua komponen dalam mobil sangat lah penting. Untuk itulah, sangat disarankan bagi pemilik kendaraan agar selalu menggunakan semua komponen original, termasuk oli mobil Idemitsu original, yang jelas memiliki kualitas baik dan sesuai dengan kendaraan. Dengan begitu, kendaraan akan menjadi awet dan aman untuk dikendarai.ban mobil

Meskipun begitu, ternyata ada satu komponen yang terkadang tetap saja mudah rusak meskipun sudah menggunakan produk original, yaitu ban mobil. Kok bisa ya? Nah, supaya nggak penasaran, langsung saja kita bahas penyebab ban mobil mudah rusak berikut ini:

  • Pemasangan

Memasang ban mobil memang terlihat mudah selama kamu memiliki cukup tenaga. Namun ternyata, tidak semudah kelihatannya loh. Bahkan, seringkali pemilik kendaraan harus rela mengganti ban mobil yang belum lama dibelinya dengan yang baru, karena rusak akibat salah pemasangan atau saat melepaskan. Kerusakan yang terjadi akibat kesalahan pemasangan atau pelepasan yaitu patahnya kawat bead.

  • Rotasi

Tahukah kamu bahwa kamu harus melakukan rotaasi pada ban mobil secara berkala? Tujuannya adalah untuk menjaga agar keausan pada kembang mobil dapat terjadi secara merata. Namun, kamu harus berhati-hati saat melakukannya. Sebab, merotasi ban mobil dengan cara yang salah justru dapat mempercepat kerusakan ban mobilmu. Jika kamu merasa tidak yakin melakukannya sendiri, ada baiknya jika kamu meminta bantuan saat kamu men-service mobilmu.

  • Kondisi jalan

Ini termasuk penyebab yang agak sulit dihindari, yaitu kondisi jalanan yang rusak atau berlubang. Untuk menjaga agar ban mobilmu tidak mengalami kerusakan parah terlalu cepat, kamu bisa mengatasinya dengan mengurangi kecepatan saat melewati kondisi jalanan seperti ini.

  • Tekanan ban

Periksa buku manual mobilmu dan cek tekanan angin yang tepat untuk mobilmu. Mungkin, ada sedikit perubahan dari yang tercantum pada buku karena tekanan angin biasanya disesuaikan dengan beban yang dibawa kendaraan, dan suhu udara. Sementara yang tercantum dalam buku adalah dalam kondisi normal. Meskipun begitu, pada umumnya pergeserannya tidaklah terlalu besar.

  • Cara mengemudi

Kamu yang sering mengemudikan mobil dengan kasar, sering mengerem mendadak, dan menerjang jalanan tidak rata dengan kecepatan tinggi, bersiaplah sering-sering mengganti ban mobilmu dengan yang baru. Karena cara mengemudi seperti ini akan semakin mempercepat kerusakan pada ban mobil.

Nah, setelah mengetahui penyebab ban mobil mudah rusak, yuk coba lebih memperhatikannya dan hindari berbagai hal yang bisa mempercepat kerusakannya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *