Ketahui History Apartemen Sebelum Membeli

Apa saja yang langkah saat membeli apartemen second? Pasti beberapa poin berikut ini ada dalam daftarmu, yaitu harga, lokasi, dan fasilitas. Yap, memang ketiga poin tersebut termasuk penting sebagai bahan pertimbangan. Apalagi jika kamu mencari informasi mengenai tips mencari apartemen second di internet. Poin tersebut pasti selalu disebutkan.

Namun sebenarnya ada satu poin lagi yang tak kalah penting, loh, yaitu hstory apartemen. Eits, jangan berpikir bahwa history ini artinya hanya seputar apartemen itu saja, melainkan juga history dari pengembang apartemen. Tentunya kamu baru bisa mencari informasi seputar history ini setelah menentukan apartemen mana yang rencananya akan kamu beli.

apartemen
Source: equityapartments

Jadi, history apa saja yang sebaiknya kamu ketahui dan apa pentingnya mengetahui hal tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • History developer properti

Cari informasi mengenai kredibilitas pengembang apartemen. Jangan pernah berpikir bahwa developer properti yang tidak memiliki nama besar sudah pasti tidak bagus, karena bisa jadi mereka sebenarnya memiliki tanggungjawab yang cukup baik. Apalagi ternyata tidak semua developer properti yang memiliki nama besar justru membeli pelayanan terbaik pada konsumennya. Jadi ada baiknya jika kamu berpikir objektif sebelum memberi penilaian terhadap pemilihan developer properti ini.

Cara mencari informasinya sebenarnya tidak terlalu sulit, kamu bisa menanyakannya pada pemilik apartemen sebelumnya dan beberapa orang yang sudah tinggal sebelumnya di apartemen tersebut. Selain itu kamu juga bisa melacak historynya melalui informasi dan artikel yang ada di internet. Carilah informasi apakah developer properti tersebut pernah mengalami masalah dengan konsumennya? Dan bagaimana cara mereka menyelesaikan permasalahan tersebut.

  • History apartemen

Selain history developer properti, penting juga loh untuk mengetahui history dari bangunan apartemen itu sendiru. Termasuk unit yang akan kamu tempati nantinya. Misalnya, apakah bangunan apartemen tersebut idak pernah ada masalah dengan legalitasnya sehingga aman dari kemungkinan adanya masalah sengketa? Atau kamu juga bisa mencari informasi mengenai tanah lokasi bangunan tersebut. Misalnya sebelum dibangun tanah itu sebenarnya apa? Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi mengenai unit yang akan kamu beli. Apakah pernah ada masalah mengenai dokumen atau apapun terkait unit tersebut? Dan pastikan kamu mengecek semua bagian apartemen untuk memastikan tidak ada masalah pada lantai, langit ataupun dinding karena bisa saja penghuni sebelumnya menghias diding dan merusaknya.

Mengetahui history ini sangat penting untuk menghindarkan Anda dari kemungkinan adanya masalah yang mungkin timbul setelah Anda pindah di sana. Tentunya Anda tidak mau, kan, harus meninggalkan unit apartemen yang baru saja dibeli karena membeli apartemen yang salah atau bermasalah? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *