Ketahui Cara Pengelolaan Uang Pinjaman yang Tepat

Mengajukan pinjaman uang seringkali dijadikan jalan keluar oleh seseorang yang sedang memiliki masalah keuangan. Misalnya, untuk membiayai pengobatan keluarga, membeli suatu barang, membangun usaha, membuka bisnis kuliner, dan sebagainya. Memang, cara ini bisa membantu Anda menyelesaikan masalah keuangan yang dihadapi saat ini. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata pinjaman juga bisa menjadi awal masalah bagi Anda?uang

Sudah cukup banyak orang yang mengalami masalah akibat pinjaman, baik ke personal maupun lembaga keuangan. Hal ini, biasanya disebabkan pengelolaan uang yang tidak baik. Nah, agar Anda tidak mengalami masalah ini, yuk ketahui cara pengelolaan uang pinjaman yang tepat:

  • Alokasikan dana dengan tepat. Apa tujuan Anda meminjam uang? Pastikan untuk menggunakan dana pinjaman untuk memenuhi tujuan tersebut terlebih dahulu. Misalnya, Anda meminjam untuk biaya pengobatan, maka segera gunakan uang tersebut untuk membayar pengobatan Anda. Sebab, semakin lama Anda menyimpan uang tersebut, maka Anda akan semakin tergoda untuk menggunakannya pada keperluan yang lain.
  • Pisahkan dana pribadi dengan hutang. Sebisa mungkin, Anda memisahkan antara uang Anda dan uang pinjaman. Dengan begitu, Anda akan tahu persis berapa uang yang Anda miliki dan berapa sisa uang pinjaman Anda. Jika seandainya Anda meminjam uang lebih besar daripada yang dibutuhkan, maka ada baiknya jika Anda tidak tergoda untuk menggunakannya. Sebab, kelebihan ini bisa Anda kembalikan dalam bentuk pembayaran cicilan. Setidaknya, akan membantu untuk mengurangi beban cicilan hutang Anda, kan?
  • Buat catatan keuangan. Jika selama ini Anda malas untuk mencatat keuangan dan asal saja dalam menggunakan uang milik Anda, maka ada baiknya jika Anda mulai membuat catatan keuangan. Hal ini akan membantu mengontrol kondisi keuangan Anda. Setidaknya, Anda akan menyadari ketika Anda sudah melakukan pengeluaran dalam jumlah melebihi budget, sementara Anda masih memiliki tanggung jawab untuk membayar hutang.

Dengan menerapkan cara di atas, memang bisa membantu Anda untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. Namun, intinya adalah Anda harus disiplin dan juga mampu menahan diri agar hutang tersebut tidak menjadi beban dikemudian hari. Selain itu, pertimbangkan baik-baik sebelum mengajukan pinjaman. Ada baiknya jika Anda tidak melakukannya jika memang tidak membutuhkannya atau tidak yakin mampu membayarnya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *