Kesemutan di Kepala, Berbahayakah?

Anda pasti pernah mengalami kesemutan. Biasanya pada bagian jari, tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya. Kesemutan sendiri adalah sensasi geli dan seperti tertusuk pada area tubuh tertentu akibat adanya penekanan saraf atau aliran darah yang tidak lancar. Misalnya, saat Anda duduk bersila sehingga kaki saling bertumpu. Biasanya, sensasi ini akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. Namun, ada juga yang mengonsumsi vitamin untuk kram kesemutan agar masalah kesemutan ini dapat teratasi dengan cepat dan tidak sering muncul.sakit kepala

Lalu, bagaimana jika seandainya kesemutan ini justru muncul pada area kepala? Apakah hal ini wajar ataukah berbahaya?

Sebenarnya, jika kesemutan ini muncul hanya sesaat saat Anda tidur dalam posisi tetap dalam jangka waktu lama, bisa saja merupakan hal yang wajar. Sebab, posisi tersebut akan membuat area kepala tertentu mengalami penekanan sehingga aliran darah terhambat. Namun, jika kesemutan ini muncul tanpa sebab dan disertai dengan gejala lainnya, seperti sakit kepala dan tegangnya otot kepala bagian belakang, ada baiknya Anda waspada. Sebab, bisa jadi kesemutan tersebut merupakan gejala untuk beberapa penyakit. Seperti yang tertulis pada situs alodokter berikut ini:

  • Migrain: Nyeri pada kepala baik sedang hingga parah yang terasa berdenyut dan biasanya hanya dirasakan pada satu sisi kepala saja.
  • Stres: Seseorang mengalami stres akibat dari adanya tekanan atau situasi yang tidak sesuai dengan harapan, baik di tempat kerja, sekolah, keluarga, atau lingkungan lainnya.
  • Neuralgia oksipital: Adanya gangguan pada saraf oksipital yang terletak di sekitar saraf tulang belakang.
  • Neuropati kranial: Adanya kerusakan pada salah satu dari dua belas saraf kranial, atau saraf yang ada di bagian kepala.
  • Stroke ringan: Stroke ringan adalah sebuah serangan yang terjadi saat aliran darah ke otak mengalami gangguan sesaat. Biasanya sembuh dalam hitungan menit atau jam, tetapi bisa menjadi parah karena serangan ini adalah peringatan adanya serangan stroke yang sesungguhnya.

Kelima penyakit di atas bukanlah penyakit yang bisa Anda abaikan begitu saja karena berkaitan dengan saraf. Itulah sebabnya, jika Anda mengalami kesemutan pada area kepala, ada baiknya jika benar-benar memperhatikannya. Jika disertai dengan keluhan lain, segera periksakan diri Anda ke doktrer sebelum semakin parah. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *