Kenapa yah Batrei Smartphone Sering Panas?

Penggunaan smartphone sudah menjadi hal yang umum dimasyarakat. Bahkan mungkin, ada beberapa orang yang lebih rela lupa membawa dompet daripada lupa membawa smartphonenya. Yah, wajar saja sih, karena fungsi dari smartphone yang semakin beragam ini memang membuat kita begitu tergantung padanya. Apalagi sekarang smartphone tersedia dengan berbagai pilihan harga, dari mulai harga yang paling murah hanya beberapa ratus ribKenapa yah Batrei Smartphone Sering Panasu saja hingga yang paling mahal mencapai puluhan juta.

Namun sepintar-pintarnya sebuah teknologi, tetap sajalah pasti ada saja kekurangannya. Justru, kekurangan ini bisa disebabkan karena terlalu pintarnya alat ini. Salah satu kekurangan dari smartphone ini yaitu, baterai yang mudah sekali panas. Lalu, kenapa kekurangan ini disebabkan karena kepintaran alat ini? Berikut penjelasannya.

  • Banyak smartphone yang memiliki kualitas kamera sangat bagus dan setara dengan kamera digital. Sehingga semakin banyak orang yang lebih memilih mengabadikan momen mereka dalam foto ataupun video menggunakan alat ini. Nah, jika kamera digunakan dalam jangka waktu sering maka akan berakibat pada peningkatan suhu baterai smartphone, sehingga membuatnya mudah panas. Hal ini akan lebih parah jika teknologi yang digunakan adalah video, maka kenaikan suhu pada baterai akan semakin meningkat dengan cepat.
  • Browsing, social media dan chatting adalah beberapa jenis aplikasi yang sangat aktif digunakan oleh pengguna smartphone. Bahkan, mereka lebih rela kehabisan pulsa biasa untuk menelpon atau sms daripada harus kehabisan paket internetnya. Nah, pemakaian ketiga aplikasi yang berlangsung dalam jangka waktu lama dan sering akan membuat suhu baterai meningkat dan akan terasa panas.
  • Siapa yang hobi bermain game dengan smartphone? Nah kebiasaan ini juga dapat membuat suhu baterai meningkat dengan cepat. Hal ini akan semakin diperparah jika jenis game yang kita mainkan adalah game online dengan visual yang bergerak dengan aktif dan audio yang menyala. Apalagi, terkadang saat bermain tanpa sadar tangan kita akan menutupi seluruh bagian belakang smartphone sehingga membuat panas dari alat ini tertahan di dalam.
  • Mengaktifkan berbagai aplikasi di smartphone meskipun sebenarnya kita tidak membutuhkannya akan membuat konsumsi baterai semakin meningkat, dan tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan suhu pada baterai.

Suhu baterai yang meningkat tidak boleh kita biarkan begitu saja, karena dapat merusak baterai dan juga mesin smartphone. Saat kita merasa bahwa smartphone mulai terasa panas, sebaiknya matikan semua aplikasi dan istirahatkanlah sejenak alat ini. Akan lebih baik jika kita mematikannya selama beberapa saat hingga suhu kembali normal. Semoga bermnanfaat… (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *