Kenali 3 Filter Dalam Komponen Mesin Mobil

Ketika mendengar kata “filter”, Anda pasti sudah langsung mengetahui apa fungsinya. Yap, Filter atau penyaring adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyaring sesuatu dari kotoran atau sejenisnya. Pada mobilpun, ini merupakan salah satu komponen yang tidak boleh diabaikan. Sebab meskipun harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga oli mobil, namun komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting.

filter oli
Source: carworking

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui dengan jelas mengenai komponen ini. Namun, bagi Anda yang belum paham, tenang saja karena artikel ini akan membahasnya.

  1. Filter oli

Filter oli adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyaring cairan oli dari kotoran. Oli yang disaring adalah oli yang sedang bersirkulasi di dalam mesin. Jika oli yang bersirkulasi terjaga kebersihannya, maka akan membuat mesin dapat bekerja dengan baik dan mobil nyaman dikendarai. Penggantian filter oli mesin yang terbaik adalah sekitar 2 kali ganti oli mesin atau setiap jarak tempuh sudah mencapai 10.000 km. Jika Anda hanya memperhatikan penggantian oli mesin saja dan mengabaikan filter oli, akan membuat oli tidak dapat bersirkulasi dengan sempurna karena filter oli tersumbat akibat banyaknya kotoran. Hal ini tentu saja akan berdampak pada keawetan mesin.

  1. Filter AC

Filter AC berfungsi sebagai penyaring udara dari luar, dan memastikan bahwa udara yang masuk ke dalam mobil telah bersih dari kotoran. Filter AC ini bisa Anda bersihkan secara berkala jika memang belum saatnya dilakukan penggantian. Namun, Anda harus sangat berhati-hati karena lapisan penyaring pada alat ini sangat tipis sehingga rentan sobek. Meskipun begitu, setiap jarak tempuh sudah mencapai 20.000 km atau jika Anda menempuh perjalanan ke area yang memiliki udara sangat kotor, ada baiknya jika komponen ini tetap diganti. Sebab filter AC yang kotor dan dibiarkan bisa menjadi sumber penyakit bagi orang yang berada di dalam mobil. Tidak hanya itu, filter AC yang sudah terlalu kotor juga bisa menyebabkan AC tidak berfungsi dan bau.

  1. Filter Udara

Filter udara merupakan komponen yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam komponen mesin, dan memastikan bahwa komponen mesin terbebas dari berbagai macam kotoran. Udara bersih ini sangat penting untuk proses pembakaran mesin. Jika udara yang masuk ke dalam mesin kotor karena filter udara yang tidak diganti, maka akan membuat ruang pembakaran dan oli menjadi kotor. Akibatnya, tarikan mesin menjadi berat dan menyetir akan terasa tidak nyaman.

Nah, sudah tahu kan apa saja ketiga komponen filter yang ada pada mobil dan bagaimana dampaknya jika tidak Anda ganti? Jadi, mulai sekarang jangan abaikan ketiganya ya, supaya mesin mobil lebih awet dan kegiatan menyetir Anda akan terasa lebih menyenangkan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *