Kelebihan dan Kekurangan Motor 2 Tak

Saat ini, jauh lebih banyak orang yang menggunakan motor 4 Tak dibandingkan dengan 2 Tak. Apalagi, produsen motor juga hanya memproduksi motor 4 Tak saja untuk keperluan motor bebeknya. Hal ini secara tidak langsung membuat masyarakat dipaksa untuk membeli motor 4 Tak jika ingin membeli motor keluaran terbaru.Kelebihan dan Kekurangan Motor 2 Tak Akibatnya, semakin banyak orang yang tidak mengenal moor 2 Tak, dan tidak mengetahui perbedaan antara motor 2 Tak dan 4 Tak.

Meskipun begitu, bukan berarti motor 2 Tak sudah tidak lagi memiliki penggemar. Sebab, masih banyak juga loh yang memilih untuk membeli motor bekas, yang penting menggunakan mesin 2 Tak. Hal ini dipengaruhi oleh kelebihan yang dimiliki oleh motor 2 Tak, diantaranya:

  • Proses pembakaran ini terjadi pada setiap putara poros engkol. Akibatnya, putara poros engkol terasa lebih halus dan putaranpun akan lebih rata.
  • Secara umum, jumlah komponen lebih sedikit daripada motor 4 Tak, misalnya saja tidak terdapatnya katup pada cylinder. Dengan jumlah komponen yang lebih sedikit, maka perawatannya juga akan menjadi lebih mudah. Selain itu, harga komponen pada motor ini juga cenderung lebih murah daripada komponen motor 2 Tak.
  • Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih kecil, sehingga menghasilkan gerakan yang lebih halus dibandingkan motor 4 Tak.
  • Tenaga yang dihasilkan pada motor ini lebih kuat. Bahkan, bila dibandingkan dengan motor 4 Tak yang memiliki kapasitas sama, motor ini tetap memiliki tenaga yang lebih kuat.

Dilihat dari kelebihannya, bisa terlihat jelas mengapa motor 2 tak masih banyak dicari. Namun, sama halnya dengan berbagai hal lainnya, ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya. Begitu juga dengan motor ini, yaitu:

  • Motor ini membutuhkan bahan bakar lebih banyak daripada motor lainnya, atau bisa dikatakan boros bahan bakar.
  • Motor ini membutuhkan oli tambahan untuk campuran bahan bakar.
  • Dikarenakan posisi lubang buang terdapat di bagian cylinder, maka membuat motor ini mudah panas.
  • Terdapat lubang pada bagian cylinder yang menyebabkan adanya gesekan antara ruang piston dan lubang tersebut, akibatnya piston menjadi mudah aus.
  • Proses masuk dan buang lebih pendek, sehingga tekanan kembali gas buang lebih tinggi. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *