Kebiasaan Buruk yang Berisiko merusak Mobil

Sudah menggunakan oli mesin terbaik untuk mobil kesayangan, tapi ternyata mobil masih saja sering bermasalah. Hmm… Jika kamu mengalami hal ini, coba deh perhatikan kebiasaanmu terhadap mobil. Jangan-jangan Kebiasaan Buruk yang Berisiko merusak Mobilbeberapa hal yang sering kamu lakukan, justru membuat mobilmu jadi sering bermasalah. Jadi percuma kan, kamu sudah menggunakan berbagai komponen terbaik, tapi justru malah kebiasaanmu ini yang menjadi penyebabnya.

Jadi, apa saja sih kebiasaan ini? Nih, beberapa diantaranya:

  • Membawa muatan berlebih

Setiap mobil pasti memiliki batas maksimal muatan yang mampu dibawanya. Batasan ini bukan berdasarkan pada masih muat atau tidaknya mobil diisi sesuatu, melainkan dilihat dari berat beban yang dibawanya. Jika benda yang dibawa berukuran bear namun ringan, hal ini bukanlah suatu masalah. Namun, akan menjadi masalah jika benda yang dibawa berukuran tidak terlalu besar namun memiliki berat yang lumayan. Meskipun mobil masih bisa diisi dengan muatan, namun mungkin saja sebenarnya sudah melewati batas maksimal. Jika hal ini tetap dipaksakan, tidak hanya dapat berbahaya ketika mobil dikendarai saja, tetapi juga dapat merusak mesin dan bahkan bisa membuat mobil harus mengalami turun mesin.

  • Mengganti gigi transmisi sembarangan

Ada aturan yang harus kamu ketahui mengenai perpindahan gigi, baik transmisi manual ataupun matic. Misalnya, pada transmisi manual kamu harus menginjak kopling saat melakukan perpindahan gigi. Selain itu, ada aturan juga mengenai rpm saat kamu menggunakan gigi 1, 2, 3 dan yang lainnya. Sementara untuk manual, kamu tidak boleh memindahkan tuas gigi ke P pada saat mobil masih melaju. Atau, kamu memindahkan tuas ke gigi R saat mobil sedang berjalan maju, begitu pula sebaliknya. Tunggu hingga mobil benar-benar berhenti baru pindahkan gigi.

  • Mengabaikan perawatan

Sebaik dan semahal apapun komponen yang kamu gunakan, semua tetap membutuhkan peraawatan dan penggantian secara berkala. Sayangnya, banyak yang merasa karena sudah menggunakan produk terbaik (menurutnya), maka usia pakainya lebih lama meskipun tanpa perawatan. Padahal pemikiran ini jelas salah. Salah satu bentuk perawatan yang perlu diperhatikan adalah memilih oli mesin terbaik yang cocok dengan kendaraanmu.

Dengan menghindari beberapa kesalahan di atas, kamu tidak hanya membuat mesin mobil lebih awet saja. Tetapi juga dapat membuatmu lebih aman dalam berkendara. Jadi, pastikan untuk menghindari beberapa kesalahan yang telah disebutkan yah. (Vita)

Leave a Reply